KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK KELAS V SD GUGUS IMAM BONJOL KECAMATAN TAYU PATI


Afieq Syaifun Nizam , 1401412407 (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK KELAS V SD GUGUS IMAM BONJOL KECAMATAN TAYU PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK KELAS V SD GUGUS IMAM BONJOL KECAMATAN TAYU PATI]
Preview
PDF (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK KELAS V SD GUGUS IMAM BONJOL KECAMATAN TAYU PATI)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru harus memiliki kompetensi pedagogik. Pentingnya seorang guru memiliki kompetensi pedagogik bertujuan agar guru mampu mengelola pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah a) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam pembeajaran seni musik SD Gugus Imam Bonjol Kecamatan Tayu Pati; b) mendeskripsikan proses pembelajaran seni musik di SD Gugus Imam Bonjol Kecamatan Tayu Pati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi di SD Gugus Imam Bonjol Kecamatan Tayu Pati. Variabel yang diteliti adalah kompetensi pedagogik guru dan proses pembelajaran seni musik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran seni musik di sekolah dasar Gugus Imam Bonjol Kecamatan Tayu Pati mendapatkan skor 14,83 dan masuk dalam kategori baik. Kompetensi pedagogik guru diiringi kemampuan guru terhadap pemahaman karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, kurikulum seni musik, kegiatan pembelajaran yang mendidik serta penilaian dan evaluasi. Proses pembelajaran seni musik mendapatkan skor 14 dan masuk dalam kategori baik. Pembelajaran dilakukan melalui empat tahapan kegiatan, yaitu pra, awal, inti dan akhir pembelajaran dengan melibatkan komponen pembelajaran. Simpulan penelitian adalah guru di sekolah dasar memiliki kompetensi pedagogik yang baik dan sudah melakukan pembelajaran seni musik dengan baik. Saran penelitian yaitu sekolah memberikan pemahaman tentang pentingnya kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran seni musik dan dapat digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran seni musik; guru hendaknya mampu untuk memanfaatkan kompetensi pedagogiknya untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran; siswa hendaknya aktif dan berpatisipasi dalam pembelajaran seni musik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik ; proses pembelajaran ; seni musik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:39
Last Modified: 08 Dec 2016 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24468

Actions (login required)

View Item View Item