PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI TRADISIONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA SISWA KELAS TINGGI DI SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG


Nurani Fadilah , 1401412405 (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI TRADISIONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA SISWA KELAS TINGGI DI SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI TRADISIONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA SISWA KELAS TINGGI DI SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI TRADISIONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA SISWA KELAS TINGGI DI SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Menurut pendapat ahli karakter adalah sifat kejiwaan atau budi pekerti yang menjadi ciri khas seseorang. Salah satu strategi untuk mengimplementasikan pendidikan karakter adalah melalui integrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Ekstrakurikuler seni tari tradisional di SDN Tambakaji 01 Semarang dapat membentuk karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: a) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional pada siswa kelas tinggi di SDN Tambakaji 01 Semarang; b) mendeskripsikan bentuk karakter siswa kelas tinggi pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional di SDN Tambakaji 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi SDN Tambakaji 01 Semarang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru seni tari, dan 62 siswa kelas V yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional pada siswa kelas tinggi di SDN Tambakaji 01 Semarang termasuk dalam kategori baik. Pembelajaran dilakukan melalui empat tahapan kegiatan, yaitu pra, awal, inti dan akhir dengan melibatkan komponen pembelajaran. Bentuk karakter siswa kelas tinggi di SDN Tambakaji 01 Semarang yang tampak pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional berupa karakter toleransi, disiplin, cinta tanah air, cinta damai, tanggung jawab, hormat dan santun, serta percaya diri berada dalam kategori sangat baik. Bentuk karakter yang tampak pada setiap tahap pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa merupakan hasil dari bimbingan dan pembiasaan positif guru pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional dapat membentuk karakter siswa pada siswa kelas tinggi di SDN Tambakaji 01 Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu: a) siswa lebih sungguh-sungguh belajar menari; b) guru menyempurnakan pembelajaran sesuai dengan prosedur pembelajaran yang tepat; c) sekolah lebih mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; ekstrakurikuler seni tari tradisional; karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 17:26
Last Modified: 08 Dec 2016 17:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24467

Actions (login required)

View Item View Item