HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS KRESNA DAN SHINTA KECAMATAN SEMARANG BARAT


KRISTIKA NILAN TRESNATI, 1401412404 (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS KRESNA DAN SHINTA KECAMATAN SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS KRESNA DAN SHINTA KECAMATAN SEMARANG BARAT]
Preview
PDF (HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS KRESNA DAN SHINTA KECAMATAN SEMARANG BARAT)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu faktor yang memberikan kontribusi besar terhadap hasil belajar adalah lingkungan keluarga dan minat belajar karena keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama. Latar belakang keluarga siswa berbeda-beda dengan faktor yang mempengaruhi belajar siswa, baik dari segi ekonomi, kasih sayang orang tua, hubungan anggota keluarga. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, siswa kurang memiliki semangat dalam belajar. Hal tersebut sangat mempengaruhi tingkat hasil belajar siswa, siswa merasa kurang adanya dorongan dan bimbingan dari lingkungan keluarga dalam belajar. Penelitian ini penting dilakukan untuk menguji ada tidaknya hubungan antara lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di Gugus Kresna dan Shinta Kecamatan Semarang Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi. Populasi sebanyak 325 siswa dan orang tua siswa. Teknik pengambilan sampel pada siswa adalah sampel jenuh, sedangkan pada orang tua siswa digunakan teknik pengambilan sampel kuota sampling yaitu sebanyak 30 orang tua siswa. Alat pengumpul data berupa wawancara, angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,666. (2) ada hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,730. (3) ada hubungan antara lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,764. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS, ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS, dan ada hubungan antara lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS. Bertitik tolak pada hasil penelitian maka orang tua hendaknya menciptakan suasana rumah yang nyaman dan kondusif, sehingga minat belajar siswa akan meningkat dan hasil belajar yang dicapai dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar, IPS, Keluarga, Lingkungan, Minat
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:37
Last Modified: 08 Dec 2016 16:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24466

Actions (login required)

View Item View Item