EFEKTIVITAS MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS PALAPA CILACAP

Elmy Wulandari , 1401412403 (2016) EFEKTIVITAS MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS PALAPA CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS PALAPA CILACAP)
Download (3129Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Ujian Akhir Semseter siswa kelas IV Gugus Palapa Kabupaten Cilacap pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan karena kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif dalam pembelajaran, terbatasnya penggunaan media pendukung pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Example Non Example dan dengan menggunakan media Interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tersebut terhadap motivasi dan hasil belajar siswa bila dibandingkan model konvensional menggunakan CD Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Palapa yang berjumlah 101 siswa. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan teknik purposif. Karena peneliti membutuhkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Banyak siswa dalam kelas eksperimen adalah 28 dan 26 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi angket, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji beda rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas control dengan menggunkan program aplikasi SPSS 20. Dengan menggunakan menu analyze-compare mean untuk mencari nilai t hitung. Hasil uji t motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 2,094 lebih besar dari nilai t tabel 2,005 dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,041 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukan ada adanya perbedaan yang signifikan. Rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 129,43 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 124,84. Hasil uji t pada hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas kontrol adalah 2,292 lebih besar dari t tabel 2,005 dengan Sig.(2-tailed) 0,026 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Hal ini berart adanya perbedaan. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 78,79 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 72,00. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Example Non Example berbantuan media interaktif lebih efektif bila dibandingkan model konvensional dengan CD pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Palapa Kabupaten Cilacap. Oleh karena itu, sebaiknya model dan media pembelajaran tersebut digunakan sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; IPS SD; motivasi belajar; Example Non Example.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 11:36
    Last Modified: 08 Dec 2016 11:36

    Actions (login required)

    View Item