PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn (STUDI KASUS: SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG)


Ulfah Nur Hikmah , 1401412402 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn (STUDI KASUS: SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn (STUDI KASUS: SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG)]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn (STUDI KASUS: SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran PKn di SDN Purwoyoso 01 Semarang belum optimal. Hal itu disebabkan karena guru hanya menggunakan media gambar dalam pembelajaran PKn, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Penggunaan media video dalam pembelajaran PKn dapat memberikan jalan alternatif untuk siswa agar memotivasi siswa untuk belajar lebih giat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media video pembelajaran globalisasi untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan, kelayakan, kefektifan media video pembelajaran globalisasi untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Devlopment). Model pengembangan yang digunakan yaitu model Waterfall yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, implementation, testing, dan maintenence,. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Purwoyoso 01 Semarang berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kelayakan, analisis data awal dan akhir. Pengembangan video pembelajaran globalisasi melalui beberapa tahap, antara lain: a) analysis yaitu menganalisis kebutuhan media dan pengumpulam data. b) design yaitu pembuatan storyboard. c) implementation yaitu pembuatan video pembelajaran. d) testing yaitu validasi dari tim ahli dan melakukan uji coba. e) maintenance, peneliti tidak melakukan sampai tahap ini karena peneliti hanya sebatas menguji. Hasil penilaian dari validator materi menunjukkan angka persentase 82,14% dengan kategori “Layak”. Sedangkan untuk penilaian dari validator media menunjukkan angka persentase 85% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan secara signifikan antara hasil belajar PKn materi globalisasi sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat membuat media pembelajaran yang inovatif agar siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; media video pembelajaran; PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:39
Last Modified: 08 Dec 2016 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24464

Actions (login required)

View Item View Item