PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn STUDI KASUS: SDI AL MADINA SEMARANG

Farida Hasan Rahmaibu , 1401412398 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn STUDI KASUS: SDI AL MADINA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn STUDI KASUS: SDI AL MADINA SEMARANG)
Download (4Mb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil Ujian Akhir Semester 1 Mata Pelajaran PKn merupakan hasil terendah. Penyebabnya, antara lain motivasi yang kurang dan minat yang tidak seperti mata pelajaran lain. Sumber yang terbatas dan materi yang terlampau banyak, sedangkan guru belum menggunakan media berbasis multimedia sebagai media penunjang pembelajaran, padahal sekolah memiliki ruang komputer beserta komputer yang dapat dioperasikan setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash pada materi globalisasi mata pelajaran PKn di kelas IVB SDI Al Madina Semarang. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R and D) dengan metode pengembangan menggunakan model Waterfall, yang meliputi tahap (1) Analisis kebutuhan. (2) Desain. (3) Implementasi. (4) Pengujian. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba skala kecil kemudian diterapkan pada kelas sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, data dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji N-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 90% yang dapat dikatakan bahwa materi globalisasi termasuk dalam kriteria sangat layak digunakan. Persentase yang dicapai oleh ahli media adalah 80%, dapat dikatakan jika media pembelajaran layak untuk digunakan. Hasil belajar uji coba skala kecil mengalami peningkatan dengan perolehan pemahaman dalam kriteria sedang. Angket tanggapan siswa menyatakan jika media dalam kriteria sangat baik dan angket tanggapan guru dalam kriteria baik. Dibuktikan pula pada hasil rata-rata post-test kelas sampel, yaitu 83, dibandingkan rata-rata pre-test yang hanya 71,75 dengan perolehan pemahaman dalam kriteria sedang (N-Gain= 0,39), disertai tanggapan positif dari siswa. Saran untuk siswa agar produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar secara mandiri di rumah. Guru dapat pula menggunakan media berbasis multimedia untuk mata pelajaran lainnya disertai dukungan pihak sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Adobe Flash; pengembangan; PKn; Sekolah Dasar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 11:38
    Last Modified: 08 Dec 2016 11:38

    Actions (login required)

    View Item