PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIPLY CARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA KECAMATAN MIJEN

Yufitasari Cahyaningtyas , 1401412392 (2016) PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIPLY CARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA KECAMATAN MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIPLY CARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA KECAMATAN MIJEN)
Download (2130Kb)

    Abstract

    Salah satu permasalahan pada pembelajaran mata pelajaran matematika di MI Miftahul Huda kelas IV adalah rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru kelas diperoleh keterangan bahwa rendahnya hasil belajar tersebut dipengaruhi karena keterampilan operasi hitung perkalian bilangan cacah 1 -10 yang masih rendah dan guru belum menggunakan inovasi media pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan multiply cards sebagai media pembelajaran untuk melatih keterampilan operasi hitung perkalian yang valid dan efektif. Prosedur penelitian pengembangan dilaksanakan dengan mengacu model pengembangan menurut Sugiyono meliputi tahap pengumpulan informasi permasalahan dan pemecahan masalah, desain produk, validasi produk, uji coba produk, dan pelaporan. Data penelitian diperoleh berupa data skor validasi produk dan data hasil belajar. Data skor validasi produk diperoleh dari validator melalui angket, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh melalui soal tes. Analisis data dilakukan melalui uji kelayakan dan uji ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah melalui proses validasi produk oleh ahli diperoleh skor rerata 4,3 yang berarti sangat baik. Namun masih terdapat kelemahan produk yaitu jenis huruf yang digunakan belum memenuhi syarat kebakuan. Keefektifan media ditandai dengan tercapainya ketuntasan klasikal dengan nilai 75 dan ketuntasan mencapai 80% setelah siswa menggunakan permainan multiply cards sesuai dengan prosedur permainan sesuai dengan spesifikasi produk. Dengan demikian pengembangan media telah mencapai hasil yang valid dan efektif. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk memperhatikan jenis huruf yang digunakan supaya memenuhi syarat kebakuan tulisan. Peneliti juga menyarankan kepada guru dan orang tua siswa kelas IV untuk dapat menggunakan permainan multiply cards sesuai dengan spesifikasi produk dalam melatih keterampilan operasi hitung perkalian pada siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan permainan, multiply cards, media pembelajaran
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 11:40
    Last Modified: 08 Dec 2016 11:40

    Actions (login required)

    View Item