PENGARUH MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN DABIN III DIRGANTARA DEMAK


Yessy Tiya Andriani , 1401412388 (2016) PENGARUH MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN DABIN III DIRGANTARA DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412388.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat baca dan penguasaan kosakata merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman siswa. Tingkat kemampuan membaca pemahaman pada kelas tinggi belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Rendahnya minat baca siswa dikarenakan kurangnya kesadaran siswa untuk membaca, selain itu penguasaan kosakata siswa yang masih kurang dikarenakan kurangnya kemampuan siswa yang dalam mengartikan kata-kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman, (2) adanya pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman, (3)adanya pengaruh yang positif dan signifikan minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif.. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dabin III Dirgantara Demak . Teknik pengambilan sampel menggunakanProportional Random Sampling dengan jumlah sampel yang digunakan 92 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan nilai thitung =5,266 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 23,71%, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan nilai thitung =7,429 dengan signifikansi 0,000 <0,05 dengan kontribusi sebesar 37,45%, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman denilai Fhitung sebesar 173,099 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 79,1%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmu dalam pembelajaran membaca. Bagi guru hendaknya dapat membangkitkan dan membiasakan minat baca siswa baik di sekolah maupun luar sekolah. Bagi orang tua hendaknya membiasakan budaya membaca sejak dini. Bagi siswa minat baca dapat ditingkatkan untuk menambah wawasan. Bagi penelitian selanjutnya agar menyertakan variabel-variabel lain selain variabel dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca pemahaman , minat baca, penguasaan kosakata
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:39
Last Modified: 08 Dec 2016 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24460

Actions (login required)

View Item View Item