MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KONSEP ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MTs MUHAMMADIYAH 2 KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN


Hasta Masitoh Husna , 4401403077 (2009) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KONSEP ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MTs MUHAMMADIYAH 2 KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KONSEP ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MTs MUHAMMADIYAH 2 KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KONSEP ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MTs MUHAMMADIYAH 2 KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN) - Published Version
Download (389kB) | Preview

Abstract

Kualitas pembelajaran biologi di kelas VII A MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe tahun ajaran 2008/2009 masih kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari masih rendahnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar. Selain itu pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran konsep organisasi kehidupan melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dilihat dari peningkatan keaktifan dan ketuntasan belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap pelaksanaan tindakan dilakukan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, lembar observasi kinerja guru, tes tertulis, angket tanggapan siswa dan guru. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah keaktifan dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 70%. Hasil penelitian siklus I menunjukkan keaktifan siswa baru mencapai 47,92%. Keaktifan siswa yang masih rendah berdampak pada hasil belajar siswa yaitu dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 39,58%. Guru belum bisa mengelola kelas dengan baik sehingga saat siswa berdiskusi dalam kelompok belum bejalan dengan optimal dan siswa juga belum terbiasa belajar dalam kelompok. Pada siklus II keaktifan siswa semakin meningkat yaitu sebesar 79,2%. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 68,75% meskipun belum mencapai indikator keberhasilan. Siswa yang sebelumnya belum aktif mulai berani mengemukakan pendapat maupun bertanya tetapi masih ada beberapa siswa yang belum aktif dalam diskusi kelompok. Pada siklus III keaktifan siswa sebesar 85,4% dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 87,50%. Guru lebih banyak memberikan motivasi pada siswa untuk lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran konsep organisasi kehidupan pada kelas VII A MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe Kabupaten Sragen. Disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang keefektifan pendekatan CTL pada materi yang lain dan sebelum diterapkan dalam pembelajaran hendaknya dilakukan sosialisasi dahulu langkah pembelajarannya pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 02:52
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2446

Actions (login required)

View Item View Item