PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG


Nazal Syahrul Afdoli, 1401412383 (2016) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum memberikan pembelajaran IPA sebagai suatu proses belajar yang menemukan secara ilmiah, hal ini mengakibatkan belum optimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model CTL dengan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Tujuan khusus penelitian ini untuk (1) menguji perbedaan hasil belajar IPA antara kelas eksperimen yang menerapkan model CTL dengan media video pembelajaran dengan kelas kontrol, (2) menguji pengaruh aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen yang menerapkan model CTL dengan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang dipakai adalah metode eksperimen. Rancangan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental design dengan desain Nonquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang berjumlah 200 siswa yang terdiri dari 7 SD, pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling, terdiri dari siswa kelas V SD N Podorejo 03 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N Podorejo 01 sebagai kelas kontrol. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran CTL. Variabel moderator adalah aktivitas. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan aktivitas menggunakan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya perbedaan hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan hasil uji independent samples t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,038 < 0,05. (2) adanya pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPA yang ditunjukkan hasil uji regresi linier sederhada menunjukkan nilai signifikan aktivitas yaitu 0,001 (0,001 < 0,05). Simpulan penelitian yaitu model CTL dengan media video pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Pengaruh pada hasil belajar ditandai dengan adanya perbedaan hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol serta aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen. Saran hendaknya model CTL dengan media video pembelajaran dijadikan alternatif proses pembelajaran IPA di sekolah karena berpengaruh positif. Penerapan model CTL dengan media video pembelajaran dapat diterapkan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL; Hasil Belajar ; IPA.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:39
Last Modified: 08 Dec 2016 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24456

Actions (login required)

View Item View Item