ANALISIS SINTAKSIS BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN SE-KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG


Fella Rahmatika , 1401412378 (2016) ANALISIS SINTAKSIS BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN SE-KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS SINTAKSIS BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN SE-KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS SINTAKSIS BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN SE-KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi keterampilan menulis siswa. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang membutuhkan lebih mendalam mengenai kaidah dalam membuat suatu tulisan. Salah satu kaidah yang harus diketahui adalah kaidah sintaksis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis sintaksis bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian karangan narasi siswa siswa kelas IV SD N se-Kecamatan Candisari Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel purposif. Jumlah subjek penelitian 40. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi empat komponen, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan analisis sintaksis bidang frasa, meliputi: penggunaaan kata depan, penyusunan struktur frasa, penggunaan untuk dalam frasa kerja, pengunaan yang dalam frasa benda, penggunaan oleh dalam frasa kerja pasif, penulisan frasa, dan penggunaan yang dalam frasa sifat. Analisis bidang klausa meliputi: penyusunan struktur klausa, penggunaan kata kerja bantu dalam klausa ekuasional, hubungan pelaku dan kata kerja dalam klausa aktif, penggunaan kata oleh dalam klausa pasif, dan penggunaan kata kerja dalam klausa intransitif. Analisis bidang kalimat, meliputi: penggunaan bahasa pertama dalam kalimat, penggunaan subjek dalam kalimat, penggunaan kata penghubung dalam kalimat, makna kalimat, penggunaan bahasa asing dalam kalimat, kesatuan kalimat, dan penyusunan kalimat yang berulang-ulang tetapi bermakna sama. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan perangkat sekolah hendaknya senantiasa memperluas kosa kata dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan maupun tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, frasa, kalimat, klausa, sintaksis.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:36
Last Modified: 08 Dec 2016 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24455

Actions (login required)

View Item View Item