ANALISIS KETERSEDIAAN, KONDISI, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI SD N LUMBIR KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS


Dini Anggun Puspita , 1401412375 (2016) ANALISIS KETERSEDIAAN, KONDISI, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI SD N LUMBIR KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KETERSEDIAAN, KONDISI, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI SD N LUMBIR KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (ANALISIS KETERSEDIAAN, KONDISI, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI SD N LUMBIR KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang harus ada dalam kurikulum pendidikan dasar sesuai dengan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab 3 Pasal 6 Ayat 1. Salah satu tujuan pengajaran IPA yakni agar siswa mampu menerapkan metode ilmiah sederhana dan bersikap ilmiah dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Sikap ilmiah akan dapat tercapai jika dalam proses pembelajaran IPA siswa melakukan penelitian dan pengamatan walaupun masih dalam taraf yang sangat sederhana. Walaupun IPA sarat akan kegiatan pengamatan kejadian secara langsung di alam, namun dapat juga dihadirkan di dalam kelas melalui alat peraga IPA. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 tentang standar pelayanan minimal pendidikan dasar yang menegaskan bahwa setiap SD/MI menyediakan satu set peraga IPA dan bahan yang terdiri dari: “model kerangka manusia, model tubuh manusia, bola dunia (globe), contoh peralatan optik, KIT IPA untuk eksperimen dasar, dan poster/carta IPA”. Oleh karena itu,baik ketersediaan, kondisi, maupun penggunaan media oleh guru memiliki peranan penting dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi ketersediaan, kondisi, dan penggunaan media pembelajaran IPA di kelas tinggi SDN Lumbir Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini yakni: ketersediaan, kondisi, dan penggunaan media IPA. Sampel penelitian ini adalah guru kelas tinggi SDN Lumbir yang berjumlah 18 guru, meliputi SDN 1 Lumbir, SDN 2 Lumbir, SDN 3 Lumbir, SDN 4 Lumbir, SDN 5 Lumbir, dan SDN 6 Lumbir. Data penelitian diperoleh dengan angket. Berdasarkan uji validitas, diperoleh 29 item pernyataan valid dengan koefisien validitas antara 0,384 sampai 1, sedangkan reliabilitas angket yaitu 0,944. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa ketersediaan media IPA berada pada tingkat kelengkapan sedang. Hasil perhitungan dari 18 responden, diperoleh mean 4,5 yang berada diantara interval sehingga termasuk kategori sedang. Kondisi media IPA berada pada tingkat kelayakan rendah. Hasil perhitungan dari 18 responden, diperoleh mean 6,83 yang berada di kategori X < sehingga termasuk kategori rendah. Penggunaan media IPA berada pada tingkat penggunaan dengan intensitas sangat jarang digunakan. Hasil perhitungan 18 responden, diperoleh mean 45,88 yang berada di kategori X < sehingga termasuk kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, bagi kepala sekolah hendaknya membuat kebijakan sekolah yang berkaitan dengan ketersediaan dan kondisi media. Kepala sekolah dapat menunjuk salah satu guru atau staff karyawan sebagai petugas pemeliharaan media agar media yang ada dapat dirawat dengan baik. Apabila terdapat media yang rusak, dapat segera diperbaiki atau membeli lagi melalui dana bos damping, sehingga tidak terjadi kekosongan media pada jenis tertentu. Selain itu, hendaknya guru memiliki inisiatif dan kemauan dalam mempelajari dan memahami media IPA sehingga tidak mengalami kesulitan dalam memanfaatkan media dalam proses pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan Media IPA, Kondisi Media IPA, Penggunaan Media IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:36
Last Modified: 08 Dec 2016 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24454

Actions (login required)

View Item View Item