ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SDN DABIN V KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL

Dwi Mardianatun Chasanah , 1401412372 (2016) ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SDN DABIN V KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SDN DABIN V KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL)
Download (2162Kb)

    Abstract

    Sekolah dasar merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar yang memiliki peranan penting karena pengetahuan yang didapatkan oleh siswa berguna sebagai bekal dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Pemerintah harus mengupayakan agar mutu dan kualitas pendidikan di sekolah dasar dapat meningkat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Media pembelajaran dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Media pembelajaran berbasis TIK adalah salah satu media yang sesuai untuk diterapkan pada zaman sekarang. Sesuai dengan peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 04/D/P/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan menegaskan bahwa pengadaan media pendidikan SD/SDLB terdiri atas Laptop atau Tablet, Proyektor, dan Layar (screen) proyektor, serta 1 paket media pendidikan. Oleh karena itu, baik ketersediaan dan pemanfaatan media oleh guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK di SDN Dabin V Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini yakni ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK. Sampel penelitian ini adalah guru kelas tinggi SDN Dabin V Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal yang berjumlah 27 guru, meliputi SDN Slerok 1, SDN Slerok 2, SDN Slerok 3, SDN Slerok 4, SDN Slerok 5, SDN Slerok 6, SDN Slerok 7, SDN Panggung 4, dan SDN Panggung 12. Data penelitian diperoleh dengan angket. Berdasarkan uji validitas, diperoleh 43 item pernyataan valid dengan koefisien validitas antara 0,406 sampai 0,878, dan reliabilitas angket yaitu 0,964. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa ketersediaan media pembelajaran berbasis TIK berada pada kategori sedang. Hasil perhitungan 27 responden diperoleh mean 29,44 yang berada di antara interval 22 ≤ X < 33 sehingga termasuk kategori sedang. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK berada pada kategori rendah. Hasil perhitungan 27 responden, diperoleh mean 55,81 yang berada di antara interval X < 64 sehingga termasuk kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, guru hendaknya memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK dalam proses pembelajaran supaya pembelajaran menjadi lebih berkualitas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ketersediaan Media Pembelajaran Berbasis TIK, Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 11:36
    Last Modified: 08 Dec 2016 11:36

    Actions (login required)

    View Item