ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SE-GUGUS LODAN SEMARANG UTARA


Juliyanti , 1401412370 (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SE-GUGUS LODAN SEMARANG UTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SE-GUGUS LODAN SEMARANG UTARA]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SE-GUGUS LODAN SEMARANG UTARA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Lodan pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran soal cerita matematika. Permasalahan yang muncul adalah apa saja jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, bagaimana solusi meminimalisisr kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan, faktor penyebab dan solusi meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Prosedur analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah prosedur newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, analisis dokumen, dan wawancara dengan subjek penelitian sejumlah 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis model Milles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan, yakni kesalahan membaca 8 kali, kesalahan memahami masalah 133 kali, kesalahan transformasi 16 kali, kesalahan proses perhitungan 50 kali, dan kesalahan penulisan jawaban 3 kali. Terdapat 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, yakni: 1) kesulitan memahami masalah; 2) tidak memahami konsep dan operasi pecahan; 3) dan karena lupa serta tidak teliti. Solusi yang ditawarkan untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita, membuat soal cerita dengan bahasa yang lebih komunikatif, menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan soal cerita, dan memberikan penjelasan menggunakan alat peraga konkret.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan siswa, prosedur newman, soal cerita.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:36
Last Modified: 08 Dec 2016 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24452

Actions (login required)

View Item View Item