ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN KELAS V DISD GUGUS BUDI UTOMOKECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


LULUK IL MAKHSUNAH , 1401412368 (2016) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN KELAS V DISD GUGUS BUDI UTOMOKECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN KELAS V DISD GUGUS BUDI UTOMOKECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN KELAS V DISD GUGUS BUDI UTOMOKECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengadakan variasi merupakan keterampilan mengajar yang ditentukan oleh pengetahuan dan kreativitas guru. Data awal dari hasil observasi dalam komponen penggunaan media dan bahan ajar mengalami masalah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran kelas V di SD Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan mengadakan variasi pembelajaran kelas V yang dilakukan oleh guru Sekolah Dasar di SD Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan di 5 SD dalam waktu yang berbeda. Subjek penelitian adalah guru kelas 5 di masing-masing SD Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan 5 SD Gugus Budi Utomo dalam menguasai keterampilan mengadakan variasi mempunyai persentase 76,75% dengan kriteria baik. Perolehan skor dari tertinggi ke terendah yaitu SDN Jatibarang 01 sebesar 85% dengan kriteria baik, SDN Kedungpane 01 sebesar 77,50% dengan kriteria baik, SD Islam Imama sebesar 76,25% dengan kriteria baik, SDN Kedungpane 02 sebesar 74% dengan kriteria baik, dan SDN Jatibarang 02 sebesar 71% dengan kriteria baik. Simpulan dari penelitian ini adalah variasi mengajar yang dilakukan guru kelas V di SD Gugus Budi Utomo sudah baik. Respon siswa terhadap variasi mengajar membuat siswa konsentrasi, berani, dan aktif selama pembelajaran berlangsung. Namun, guru mengalami kendala pada komponen penggunaan media dan bahan ajar yang kurang merata di tiap kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; guru; keterampilan; variasi mengajar;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:36
Last Modified: 08 Dec 2016 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24451

Actions (login required)

View Item View Item