ANALISIS KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN GUGUS MOH. YAMIN KECAMATAN KENDAL


Nazzala Zulfah, 1401412367 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN GUGUS MOH. YAMIN KECAMATAN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN GUGUS MOH. YAMIN KECAMATAN KENDAL]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN GUGUS MOH. YAMIN KECAMATAN KENDAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya keterampilan guru dalam bertanya. Hal ini disebabkan guru belum sepenuhnya memahami beberapa komponen dalam keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya merupakan keterampilan mengajar yang bersifat mendasar yang dipersyaratkan bagi penguasaan keterampilan berikutnya. Keterampilan bertanya tidak hanya bertujuan untuk memperoleh informasi, namun juga meningkatkan terjadinya interaksi antara guru dengan siswa. Adapun keterampilan bertanya meliputi keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran PKn kelas IV SDN Gugus Moh. Yamin Kecamatan Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran PKn kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus Moh. Yamin Kecamatan Kendal. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 4 SDN Gugus Moh. Yamin Kecamtan Kendal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan 5 SDN Gugus Moh. Yamin Kecamatan Kendal dalam menguasai keterampilan bertanya mempunyai persentase 70,46% termasuk kriteria cukup baik. Perolehan skor dari tertinggi ke terendah diantaranya adalah SDN 2 Trompo sebesar 77,3% dengan kriteria baik, SDN Kalibuntu Wetan sebesar 75% dengan kriteria baik, SDN 1 Sukodono sebesar 71,6% dengan kriteria baik, SDN 2 Sukodono sebesar 65,9% dengan kriteria cukup baik, dan SDN 1 Trompo sebesar 62,5% dengan kriteria cukup baik. Simpulan dari penelitian ini adalah guru sudah menguasai keterampilan bertanya dengan cukup baik namun terdapat beberapa komponen dari bertanya yang belum dikuasai diantaranya adalah pemberian tuntunan, penggunaan pertanyaan pelacak, terjadinya peningkatan interaksi di dalam kelas, dan pengubahan tuntunan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan. Saran bagi guru adalah guru harus memahami sepunuhnya komponen-komponen dalam keterampilan bertanya, dan guru juga harus meningkatkan interaksi dengan siswa di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru, Keterampilan Bertanya, Pembelajaran PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:35
Last Modified: 08 Dec 2016 16:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24450

Actions (login required)

View Item View Item