PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA TES TERTULIS DENGAN TES LISAN POKOK BAHASAN KONSTRUKSI PONDASI DANGKAL PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN TINGKAT X SMK NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009


ADHY DWI ROKHMAWAN , 5101404032 (2009) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA TES TERTULIS DENGAN TES LISAN POKOK BAHASAN KONSTRUKSI PONDASI DANGKAL PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN TINGKAT X SMK NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA TES TERTULIS DENGAN TES LISAN POKOK BAHASAN KONSTRUKSI PONDASI DANGKAL PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN TINGKAT X SMK NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA TES TERTULIS DENGAN TES LISAN POKOK BAHASAN KONSTRUKSI PONDASI DANGKAL PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN TINGKAT X SMK NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (982kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar manakah yang lebih baik antara siswa yang diberi tes tertulis dengan siswa yang diberi tes lisan pada pokok bahasan Konstruksi Pondasi Dangkal pada Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tingkat X SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009, dan seberapa besar perbedaan hasil belajarnya. Jenis penelitian adalah penelitian komparatif (perbandingan). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu tes tertulis dan tes lisan, dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tingkat X SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 2 kelas (70 siswa), karena populasi kurang dari 100 maka memungkinkan semua populasi menjadi subjek penelitian, sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Dari hasil uji perbedaan rata-rata nilai hasil belajar pokok bahasan konstruksi pondasi dangkal antara siswa kelas X TGB-1 dan kelas X TGB-2 SMK Negeri 5 Semarang adalah t data = 3,023, Sedangkan t (0.95)(68) = 2,00. Karena t data > t (0.95)(68) maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelompok eksperimen I yang diberi tes tertulis lebih baik dari pada kelompok eksperimen II yang diberi tes lisan. Dari hasil uji distribusi prosentase perbedaan nilai hasil belajar pokok bahasan konstruksi pondasi dangkal dengan menggunakan tes tertulis dan tes lisan adalah 8,50%. Berdasarkan kriteria perbedaan hasil belajar tes tertulis dengan tes lisan dalam kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tes tertulis, tes lisan, dan hasil belajar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 02:47
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item