PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD DI-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS


Farid Al Baladi , 1401412361 (2016) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD DI-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD DI-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD DI-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa hasil belajar PKn siswa kelas IV SD di-Gugus Diponegoro Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus berdasarkan hasil observasi siswa kelas IV, hanya 70 % dari jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu 65. Rumusan masalah penelitian ini: adakah perbedaan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV yang menggunakan media berbasis TIK dengan siswa kelas IV yang menggunakan media gambar di-Gugus Diponegoro Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus? Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV yang menggunakan media berbasis TIK dengan siswa kelas IV yang menggunakan media gambar di-Gugus Diponegoro Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Penelitian ini adalah penelitian jenis komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar yang tergabung dalam gugus Diponegoro Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cluster random assignment. Alat pengumpul data berupa lembar pengamatan dan test soal, analisis data menggunakan uji T-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar PKn siswa kelas IV dengan menggunakan media berbasis TIK menunjukkan sebanyak 78 % memperoleh nilai diatas KKM dengan rata-rata 78,03 dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajar PKn siswa kelas IV dengan menggunakan media gambar menunjukkan sebanyak 58 % memperoleh nilai diatas KKM dengan rata-rata 67,9 dengan kategori lebih dari cukup. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS, Pada output diketahui t hitung 2,575, t tabel 2,004, Df 55. Nilai t hitung > t tabel = 2,575 > 2,004 dan P value = 0,013 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan hasil belajar PKn siswa kelas IV yang menggunakan media berbasis TIK dengan media gambar. Simpulan penelitian ini yaitu media berbasis TIK dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih media pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Gambar, Hasil, Media, PKn, TIK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 17:27
Last Modified: 08 Dec 2016 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24446

Actions (login required)

View Item View Item