HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG

SIDIK WIDARYANTO, 1401412349 (2016) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG)
Download (1732Kb)

    Abstract

    Fasilitas belajar merupakan segala sesuatu yang berupa sarana dan prasarana pendidikan digunakan secara langsung atau tidak secara langsung untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Fasilitas belajar membantu untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah apakah ada hubungan antara fasilitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang dengan jumlah populasi yaitu 116 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 89,2. Dari hasil sampel tersebut dapat dibulatkan menjadi 89 dari 116 populasi dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan tes. Uji validitas per butir soal dalam penelitian ini dihitung dengan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha, dan perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan progam SPSS 16. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana. Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 16 (Statistical Product and Service Solution), diperoleh hasil rhitung 0,597, sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% dan N = 116 adalah sebesar 0,248. Hasil analisis tersebut terlihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel (0,597 > 0,248). Nilai signifikansi juga lebih kecil dari α (0,000 < 0,05).. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti memberikan saran hendaknya sekolah dapat meningkatkan fasilitas belajar siswa dan perlunya pengembangan, pengadaan fasilitas belajar siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa lebih baik..

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Fasilitas belajar, hasil belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 14 Nov 2016 06:14
    Last Modified: 14 Nov 2016 06:14

    Actions (login required)

    View Item