HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

DESI LISTRIANA , 1401412343 (2016) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
Download (1530Kb)

    Abstract

    Interaksi sosial adalah hubungan antara individu satu dengan individu yang lain, individu yang satu dapat mempengaruhi individu yang lain sehingga terdapat hubungan timbal balik. Kemampuan berinteraksi sosial sebagai sesuatu yang harus dimilki manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lain. Semakin tinggi interaksi sosial siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajarnya. Hasil belajar yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS kelas IV semester 2. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan interaksi sosial siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi sosial siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini temasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian sebanyak 213 siswa kelas IV. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel kuota, dan sampel yang diambil 30% dari jumlah populasi yaitu sebesar 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar pengamatan dan data dokumentasi. Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Momentdan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha, masing-masing berbantuan SPSS 16.0. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Product Moment Pearson berbantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan interaksi sosial siswa dengan hasil belajar, yang ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0,624, sedangkan rtabel dengan jumlah N= 64 (60) pada taraf kesalahan 5% adalah 0, 254, sehingga rhitung > rtabel (0,624 > 0, 254). Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan interaksi sosial siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Saranguru sebaiknya lebih meningkatkan kegiatan pembelajaran dengan melibatkan siswa berperan aktif dalam kelompok, dan bagi peneliti yang ingin meneliti interaksi sosial siswa, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan atau referensi untuk membantu dalam melakukan penelitian. Selain itudiharapkan peneliti lain dapat melanjutkan penelitian ini dengan membahas interaksi sosial dikaitkan dengan faktor lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial Siswa, Hasil Belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 14 Nov 2016 06:14
    Last Modified: 14 Nov 2016 06:14

    Actions (login required)

    View Item