HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN DI GUGUS M. SYAFI’I KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG


Willy Himalina, 1401412337 (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN DI GUGUS M. SYAFI’I KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN DI GUGUS M. SYAFI’I KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN DI GUGUS M. SYAFI’I KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen dalam proses pendidikan, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia, sehingga sangat menentukan keberhasilan siswa, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Maka setiap guru dituntut untuk mempunyai kompetensi. Berdasarkan observasi yang dilakukan di Kelas V SDN Gugus M. Syafi’i Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang menunjukkan bahwa penerapan kompetensi guru masih kurang, khususnya kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Gugus M. Syafi’i Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN di Gugus M. Syafi’i Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 47 siswa kelas V di 3 SD Gugus M. Syafi’i Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar pengamatan, dan wawancara. Angket digunakan untuk memperoleh data kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran PKn. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji analisis regresi dan korelasional. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kuat. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PKn siswa. Hal ini ditunjukkan melalui analisis regresi dan korelasi. Dalam uji analisis regresi, pada taraf signifikan 5% diperoleh signifikansi sebesar 0,000. Uji korelasi menunjukkan tingkatan 0,653, sehingga menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang kuat. Simpulan penelitian ini ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PKn siswa. Saran bagi guru agar dapat meningkatkan kompetensi pedagogiknya dalam upaya peningkatan kualitas guru, dan untuk memotivasi pencapaian hasi belajar siswa yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, hasil belajar, PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 Nov 2016 11:14
Last Modified: 14 Nov 2016 11:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24422

Actions (login required)

View Item View Item