Pola Pelaksanaan Strategi Pembelajaran dengan Kurikulum 2006 atau KTSP di PKBM Indonesia Pusaka Semarang


Lintang Setyowati , 1201412072 (2016) Pola Pelaksanaan Strategi Pembelajaran dengan Kurikulum 2006 atau KTSP di PKBM Indonesia Pusaka Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pelaksanaan strategi pembelajaran dengan kurikulum 2006 atau KTSP dan kendala dalam pelaksanaan strategi pembelajaran dengan kurikulum 2006 atau KTSP. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola pelaksanaan strategi pembelajaran dengan kurikulum 2006 atau KTSP dan mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan strategi pembelajaran dengan kurikulum 2006 atau KTSP di PKBM Indonesia Pusaka. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi Penelitian berada di PKBMIndonesia Pusaka. Subyek penelitian ini adalah 1 Ketua PKBM dan 5 tutor PKBM Indonesia Pusaka sebagai informan utama penelitian. 7 Warga belajar di PKBM Indonesia pusaka sebagai pendukung dan pelengkap informan utama. Fokus penelitian ini adalah pola pelaksanaan strategi pembelajaran dengan kurikulum 2006 atau KTSP di PKBM Indonesia Pusaka, dan kendala dalam pelaksanaan strategi pembelajaran dengan kurikulum 2006 atau KTSP di PKBM Indonesia Pusaka. Sumber data primer penelitian ini adalah Ketua dan tutor PKBM Indonesia Pusaka. Sumber data sekunder penelitian ini diperoleh melalui pustaka buku, dokumentasi, internet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah dalam pelaksanaan strategi pembelajaran melibatkan koponen strategi pembelajaran yaitu kegiatan pembelajara, cara mengorganisasi kelas, media pembelajaran dan alokasi waktu. Kendala dalam pelaksanaan strategi pembelajaran dengan kurikulum 2006 atau KTSP di PKBM Indonesia Pusaka adalah mood warga belajar yang kadang naik turun dan kondisi warga belajar yang kurangfokus serta pekerjaan utama yang dijalani oleh tutor. Simpulan dan saran dalam penelitian ini yaitu, dalam pelaksanaannya PKBM Indonesia Pusaka belum sepenuhnya menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Kendala dalam pelaksanaan strategi pembelajaran dengan kurikulum 2006 atau KTSP di PKBM Indonesia Pusaka dibedakan menjadi dua yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal yaitu mood warga belajar yang dan kondisi warga belajar yang kurang fokus. Sedangkan kendala eksternal Indonesia Pusaka yaitu pekerjaan utama yang dijalani oleh tutor.Disarankan tutor lebih memotivasi warga belajar untuk belajar dantutor dapat memodifikasi penggunaan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Pelaksanaan, Strategi pembelajan, PKBM Indonesia Pusaka
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Oct 2016 11:45
Last Modified: 24 Oct 2016 11:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24414

Actions (login required)

View Item View Item