MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG HAMBATAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN FORMAT KELOMPOK PADA SISWA KELAS 5 dan 6 SDN 1 KRANDEGAN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2008 / 2009

Isa Pandu Setianto , 1301403053 (2009) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG HAMBATAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN FORMAT KELOMPOK PADA SISWA KELAS 5 dan 6 SDN 1 KRANDEGAN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG HAMBATAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN FORMAT KELOMPOK PADA SISWA KELAS 5 dan 6 SDN 1 KRANDEGAN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2008 / 2009) - Published Version
Download (460Kb)

    Abstract

    Komunikasi adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dikarenakan hampir 75% waktu yang kita miliki digunakan untuk berkomunikasi. Pemahaman tentang komunikasi hendaknya ditanamkan kepada diri individu sejak dini. Tahap Sekolah Dasar merupakan tahap yang sangat setrategis untuk menanamkan pemahaman tentang hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi. Selain keluarga, sekolah merupakan tempat bagi individu untuk berlatih dan mengembangkan kemampuan komunikasinya. Salah satu permasalahan yang ada didalam proses komunikasi adalah hambatan dalam proses komunikasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 dan 6 SDN 1 Krandegan Banjarnegara tahun ajaran 2008/2009. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman siswa terhadap hambatan komunikasi antar pribadi sebelum dan sesudah mendapatkan layanan informasi dan apakah pemahaman siswa tentang hambatan komunikasi antar pribadi dapat ditingkatkan menggunakan layanan informasi. Adapun tuuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pemahaman siswa sebelum dan sesudah mendapatkan layanan informasi dan untuk menguji apakah layanan informasi efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang hambatan komunikasi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini masuk dalam kategori Pre Esperimental Design. Sedangkan desain yang digunakan adalah desain Pretest dan Post-test design. Pada desain ini tes dilakukan dua kali, yaitu sebelum mendapatkan layanan informasi dan sesudah mendapatkan layanan informasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan untuk mengetahui adalah perbedaan antara Pre dan Post Test adalah menggunakan rumus Chi Kuadrat. Hasil yang diperoleh dari hasil analisis Chi Kuadrat menunjukan adanya perbedaan yang signifikan tentang pemahaman siswa terhadap hambatan komunikasi antar pribadi. Berdasarkan hasil uji Chi Kuadrat diperoleh x2 = 26,286 pada dk (derajat kebebasan) = 2 dan taraf kesalahan 5%, maka Chi Kuadrat tabel = 5,99. Harga Chi Kuadrat hitung, ternyata lebih besar dari Chi Kuadrat tabel (26,286 > 5,99) karena harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Chi Kuadrat tabel, maka o H ditolak dan a H diterima. Hal ini berarti terjadi peningkatan yang signifikan pemahaman terhadap hambatan komunikasi antar pribadi pada siswa kelas 5 dan 6 SDN 1 Krandegan Banjarnegara tahun ajaran 2008/2009 setelah mendapatkan layanan informasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hambatan Komunikasi, Layanan Informasi
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 17 May 2011 21:22
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:48

    Actions (login required)

    View Item