PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN (Studi Kasus Kegiatan Pembuatan Pupuk Organic di Desa Blagung, Boyolali)


Shahnaz Natasya Yaumil Haqqie , 1201412052 (2016) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN (Studi Kasus Kegiatan Pembuatan Pupuk Organic di Desa Blagung, Boyolali). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan nasional dapat dilakukan melalui program pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan hasil data sensus penduduk tahun 2010 lebih dari 50% penduduk Indonesia bertempat tinggal di daerah pedesaan sehingga program pemberdayaan dapat dimulai dari masyarakat desa. Partisipasi masyarakat merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan program pemberdayaan, hal tersebut disebabkan masyarakat menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan program pemberdayaan. Di Desa Blagung terdapat program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk memanfaatkan dan mengelola limbah kotoran hewan menjadi pupuk organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pelaksanaan pemberdayaan, bentuk partisipasi masyarakat, serta kendala-kendala dalam program pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan pupuk organik di Desa Blagung. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari satu pihak pengelola, satu pihak pemerintah daerah, serta 7 masyarakat Desa Blagung.Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) pelaksanaan program pemberdayaan melalui pembuatan pupuk organik dilakukan dalam beberapa kegiatan, antara lain: a) kegiatan sosialisasi untuk mengenalkan program kegiatan kepada masyarakat, b) kegiatan pembelajaran untuk mengajarkan masyarakat cara membuat pupuk yang benar, terdapat dua unsur kegiatan yaitu produksi dan alih teknologi, c) kegiatan pemasaran hasil produksi pupuk yang telah diproduksi. 2) partisipasi mayarakat dalam pelaksanaan pemberdayaan yaitu pada kegiatan sosialisasi, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan produksi. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan yaitu dalam bentuk tenaga, pikiran, dan materi/uang. 3) kendala-kendala partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemberdayaan yaitu: a) motivasi, b) usia, c) pekerjaan, d) serta sosialisasi yang kurang dari pengelola. Simpulan dalam penelitian ini sebagai berikut, 1) pelaksanaan pemberdayaan melalui beberapa kegiatan, 2) partisipasi masyarakat cenderung kurang, sedangkan bentuk partisipasi masyarakat berupa tenaga, gagasan, serta materi, 3) kendala-kendala partisipasi masyarakat dalam mengikuti pelaksanaan pemberdayaan antara lain faktor intern dan faktor ekstern. Saran dalam pelaksanaan pemberdayaan ialah perlu adanya kegiatan sosialisasi kembali untuk memperkenalkan program pemberdayaan masyarakat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pemberdayaan, Pupuk Organik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Oct 2016 11:44
Last Modified: 24 Oct 2016 11:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24406

Actions (login required)

View Item View Item