ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN RITEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET ”KITA” TEGAL


Ahmad Khoiri , 3352402037 (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN RITEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET ”KITA” TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN RITEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET ”KITA” TEGAL]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN RITEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET ”KITA” TEGAL) - Published Version
Download (863kB) | Preview

Abstract

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian atau berbelanjanya, baik itu terkait pilihan terhadap produk, tempat, waktu maupun besarnya pembelian atau belanjanya. Faktor- faktor bauran ritel merupakan salah satu bentuk rangsangan (stimulus) dari luar (eksternal) yang dapat mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian atau berbelanjanya. Namun kebenaran pendapat ini masih perlu diuji dan dibuktikan lagi melalui kegiatan penelitian sehingga diperoleh jawaban yang benar-benar akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh produk, harga, lokasi, dan pelayanan terhadap keputusan konsumen berbelanja di Minimarket KITA Tegal baik secara parsial maupun simultan. (2) Jika ada pengaruhnya, manakah diantara faktor produk, harga, lokasi, dan pelayanan yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan konsumen berbelanja di Minimarket KITA Tegal? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh produk, harga, lokasi, dan pelayanan terhadap keputusan konsumen berbelanja di Minimarket KITA Tegal baik secara parsial maupun simultan, (2) Jika ada pengaruhnya, maka tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui manakah di antara faktor produk, harga, lokasi, dan pelayanan yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan konsumen berbelanja di Minimarket KITA Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Minimarket KITA Tegal. Pengambilan sampel yang berjumlah 120 responden dilakukan dengan teknik aksidental sampling. Ada 5 (lima) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : 4 (empat) variabel bebas yaitu produk, harga, lokasi, pelayanan, dan satu variabel terikat yaitu keputusan berbelanja. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 12,0 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 0,576 + 0,188X1 +0,185X2 + 0,276X3 + 0,163X4 dan secara simultan maupun parsial ada pengaruh produk, harga, lokasi dan pelayanan terhadap keputusan konsumen berbelanja di Minimarket KITA Tegal. Hal ini terbukti nilai F hitung sebesar 19,350 dengan P- value 0,000 < 0,05. Secara parsial ada pengaruh produk, harga, lokasi, dan pelayanan terhadap keputusan konsumen berbelanja di Minimarket KITA dengan nilai t hitung untuk variabel produk sebesar 2,561 dan P-value 0,012 < 0,05, untuk variabel harga sebesar 2,369 dan P-value 0,20 < 0,05, untuk variabel lokasi sebesar 3, 908 dan P- value 0,000 < 0,05, dan untuk variabel pelayanan sebesar 2,129 dan P- value 0,035 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) secara keseluruhan diperoleh hasil 38,1%, sedangkan sisanya sebesar 61,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Koefisien determinasi parsial variabel produk sebesar 5,38%, variabel harga sebesar 4,66%, variabel lokasi sebesar 11,69%, dan variabel pelayanan sebesar 3,80%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari produk, harga, lokasi dan pelayanan baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen berbelanja di Minimarket KITA Tegal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak perusahaan maupun bagi konsumen sendiri. Perusahaan diharapkan akan lebih memahami tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam berbelanja terutama yang terkait dengan faktor-faktor bauran ritel sehingga ke depannya diharapkan perusahaan dapat menerapkan strategi bauran ritel yang lebih baik. Bagi konsumen, diharapkan akan lebih mencermati tentang keadaan dan kondisi yang ada di swalayan sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan atau rujukan dalam melakukan keputusan pembelian atau berbelanjanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bauran Ritel, Keputusan Berbelanja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 01:16
Last Modified: 25 Apr 2015 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2440

Actions (login required)

View Item View Item