ANALISIS PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS IV PADA DISKUSI PEMBELAJARAN PKn SD SE-KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG


Devi Supriyani , 1401412366 (2016) ANALISIS PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS IV PADA DISKUSI PEMBELAJARAN PKn SD SE-KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412366.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi saat ini metode pembelajaran telah banyak dikembangkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Seperti halnya dengan metode diskusi yang saat ini dilaksanakan dengan digabungkan dengan model dan media sebagai pendukung. Guru dapat memilih atau menciptakan metode apa yang sesuai dengan karakteristik anak agar lebih efektif digunakan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu 1) bagaiaman pembelajaran PKn di SD; 2) Bagaimana pelaksanaan metode diskusi di SD; 3) bagaimana Perilaku akademik siswa selama diskusi; 4) bagaimana dampak diskusi secara akademis; 5) bagaimana variasi diskusi yang dapat membentuk perilaku siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengetahui pembelajaran PKn di SD; 2) mengetahui pelaksanaan metode diskusi di SD; 3) mengetahui perilaku akademik selama diskusi; 4) mengetahui dampak diskusi secara akademis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik dengan lokasi SD Se-Kecamatan Candisari. Teknik Penelitan yang digunakan yaitu 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) angket penilaian; 4) dokumentasi. Dan analisis data yang dilakukan yaitu 1) reduksi data; 2) penyajian data dan; 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Candisari menemukan temuan beberapa klasifikasi perilaku siswa saat berdiskusi diantaranya: siswa Pemalu, siswa yang bekerja sama dengan baik, siswa berpartisipasi, siswa beinisiatif, siswa yang percaya diri, siswa yang melakukan performasi serta siswa yang mengendalikan emosional dengan baik. Sekolah dasar di Kecamatan Candisari dapat disimpulkan telah melakukan diskusi yang efektif bagi peserta didik. hal ini dapat dilihat dari perolehan skor yang terkelompok dalam skala “baik”. Dari hasil penelitian disarankan untuk guru dapat memilih dan mengembangkan metode yang dapat membentuk perilaku siswa. dan bagi sekolah agar memberikan sarana dan prasarana bagi guru dalam mengadakan penelitiab mengenai metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Pembelajaran PKn SD, Perilaku Akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2016 12:29
Last Modified: 19 Oct 2016 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24390

Actions (login required)

View Item View Item