PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RECORDER PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 BRANGSONG KENDAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009


NANIEK RUSTYANI , 2501907003 (2009) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RECORDER PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 BRANGSONG KENDAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RECORDER PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 BRANGSONG KENDAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RECORDER PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 BRANGSONG KENDAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Selama ini pembelajaran recorder di SMP N 1 Brangsong (1) dengan teori yang kurang lengkap dan contoh-contoh lagu yang kurang menarik, (2) pengambilan nada dengan solmisasi/not angka, oleh karena itu peneliti akan mengadakan inovatif di dalam pembelajaran recorder soprano ini dengan : (1) pemberian teori dan contoh lagu yang sederhana dan menarik, (2) pengambilan nada dengan not balok yaitu b1, a1, g1, c2, d2, f1,e1,c1,d1 . Dengan latar belakang tersebut diatas, maka dapat dirumuskan masalah, (1) Bagaimana proses pembelajaran recorder soprano di SMP N 1 Brangsong-Kendal? (2)Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelajaran recorder di SMP N 1 Brangsong-Kendal? Dan dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Proses Pembelajaran recorder soprano di SMP N 1 Brangsong (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran recorder di SMP N 1 Brangsong-Kendal? Serta manfaat penelitian ini di harapkan berguna bagi 1) guru seni musik ditingkat SMP, sebagai masukan dalam menemukan strategi belajar mengajar musik secara praktis, 2) Pengelola lembaga pendidikan SMP, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan guna upaya perbaikan kualitas pada seni musik. . Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif . Dengan lokasi penelitian di SMP N 1 Brangsong-Kendal pada semester 2 tahun pelajaran 2008-2009 dan sasaran penelitian adalah proses pembelajaran recorder soprano yang meliputi langkah-langkah yang harus dilakukan guru pada tahap sebelum pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sesudah tahap pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode, macammacam sumber data, teknik pengumpulan data dan tekinik analisis data SMP N 1 Brangsong berada di wilayah desa Brangsong kabupaten Kendal dengan luas tanah 20.000 m2 dan luas bangunan 15.000 m2 dengan jumlah keseluruhan 21 ruang kelas, jumlah guru 45 orang yang pelaksanaan proses pembelajaran recorder soprano dengan tinjauan umum materi pembelajaran recorder soprano/suling tentang: 1) Pengenalan alat musik recorder soprano, 2) Penjarian alat musik recorder soprano, 3)Cara meniup alat musik recorder soprano.Dan metode yang dilakukan : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas, pertanyaan lesan dengan media peralatan adalah: alat musik recorder soprano, gambar/petunjuk-petunjuk pembelajaran recorder soprano, buku-buku sebagai sumber ilmu serta melaksanakan evaluasi. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran recorder soprano yang meliputi kegiatan pendahuluan yang terdiri dari kegiatan apersepsi dan kegiatan pretest, kegitan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan penyajian materi tentang recorder soprano dan kegiatan akhir pembelajaran meliputi evaluasi singkat melalui proses belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, seni tari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 01:12
Last Modified: 25 Apr 2015 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item View Item