HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA PETANJUNGAN


MONIKA IFA SARI , 1401412362 (2016) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA PETANJUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412362.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Data awal yang di dapatkan peneliti mununjukkan pada kelas V semester 1 banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Data hasil belajar dari 50 siswa, hanya 21 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dan sisanya 30 siswa nilainya dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar PKn disebabkan oleh beberapa faktor yang bersumber dari keluarga yaitu pola asuh orang tua dan bimbingan belajar orang tua. Rumusan masalah penelitian: apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri di Desa Petanjungan? Tujuan Penelitian yaitu untuk menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN di Desa Petanjungan. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan tahapan persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan jumlah sampel 51 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik studi populasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN di Desa Petanjungan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pola asuh orang tua siswa kelas V SDN di Desa Petanjungan diketahui bahwa 31 siswa merasakan pola asuh demokratis; (2) bimbingan belajar orang tua siswa kelas V SDN di Desa Petanjungan diketahui bahwa 35 dengan rata-rata skor 91,08 siswa merasakan bimbingan belajar dalam kategori baik; (3) Hasil belajar PKn siswa kelas V SDN di Desa Petanjungan diketahui bahwa 21 dengan rata-rata skor 65,98 siswa dalam kategori sangat baik; (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN di Desa Petanjungan; (5) ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN di Desa Petanjungan; (6) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN di Desa Petanjungan. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua, bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar PKn siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asuh; Belajar; Bimbingan; PKn; Pola
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2016 12:30
Last Modified: 19 Oct 2016 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24389

Actions (login required)

View Item View Item