HUBUNGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS SUNAN KALIJAGA KEC GEMUH KAB KENDAL

Fitri Handayani , 1401412353 (2016) HUBUNGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS SUNAN KALIJAGA KEC GEMUH KAB KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1707Kb)

    Abstract

    Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu komunikasi orangtua yang belum efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara efektivitas komunikasi orangtua dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Sunan Kalijaga Kecamatan Gemuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi yang baik antara orangtua dan siswa agar lebih terbuka kepada orangtua mengenai permasalahan siswa baik disekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus sunan Kalijaga Kecamatan Gemuh yang berjumlah 200 siswa dengan jumlah sampel 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara sampling kuota. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan efektivitas komunikasi orangtua dengan hasil belajar dengan hasil uji normalitas nilai signifikan 0,41, antara variabel X dan Y memiliki hubungan linier karena nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil rhitung > rtabel yaitu 0,892 > 0,254 dan pengaruh antara variabel efektivitas komunikasi orangtua dan hasil belajar sebesar 80%, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan antara komunikasi orangtua dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Sunan Kalijaga Kecamatan Gemuh. Simpulan penelitian ada hubungan positif dan signifikan antara efektivitas komunikasi orangtua dan hasil belajar V SDN Gugus Kalijaga Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Guru dapat memahami agar siswa merasa nyaman ketika bercerita mengenai permasalahan ketika ada persoalan dirumah. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian serupa, sebaiknya mencari banyak referensi tentang efektivitas komunikasi orangtua.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas Komunikasi Orangtua, Hasil Belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 19 Oct 2016 08:29
    Last Modified: 19 Oct 2016 08:29

    Actions (login required)

    View Item