HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPAYUDA KECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA


Indarti Anis Solikhah , 1401412351 (2016) HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPAYUDA KECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412351.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan bagian dari proses pendidikan. Dengan membaca, pengetahuan dan wawasan siswa dapat bertambah. Kebiasaan membaca siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun dari luar diri siswa. Salah satu faktor yang mendorong siswa untuk terbiasa membaca adalah minat. Minat membaca bukanlah sesuatu yang lahir secara langsung, tapi perlu ditumbuhkan. Guru, sekolah, orang tua, dan lingkungan siswa memiliki peran penting dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat baca siswa, guna mendukung hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara minat baca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN gugus Dipayuda Banjarnegara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN gugus Dipayuda Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN gugus Dipayuda Banjarnegara yang berjumlah 208 siswa. Teknik sampling yang digunakan yakni sampling kuota dengan jumlah sampel 63 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, korelasi product moment, dan koefisien determinasi (KD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa kelas V SDN Gugus Dipayuda Banjarnegara termasuk sangat tinggi dan hasil belajar Bahasa Indonesia mereka termasuk baik sekali. Hasil perhitungan korelasi product moment menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,509 > 0,244). Besar koefisien determinasi (KD) adalah 0,26, ini berarti minat baca menentukan hasil belajar sebesar 26%, sedangkan 74% lainnya ditentukan oleh faktor lain. Besar korelasi antara minat baca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa minat baca memiliki hubungan dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus Dipayuda Banjarnegara. Saran dari peneliti bagi guru hendaknya memotivasi siswa untuk rajin membaca dengan berbagai cara. Selain itu guru dan sekolah bisa mengadakan sosialisasi tentang minat baca kepada siswa dan wali siswa. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya bisa lebih teliti dalam melaksanakan penelitian dan memahami teori yang mendukung penelitiannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; hasil belajar; minat baca
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2016 12:30
Last Modified: 19 Oct 2016 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24386

Actions (login required)

View Item View Item