DAMPAK IMPLEMENTASI PERUBAHAN KEPUTUSAN BUPATI BATANG TENTANG PENETAPAN KAWASAN KONSERVASI LAUT DAERAH UJUNG NEGORO-ROBAN TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Hamdy Auda , 8111411261 (2016) DAMPAK IMPLEMENTASI PERUBAHAN KEPUTUSAN BUPATI BATANG TENTANG PENETAPAN KAWASAN KONSERVASI LAUT DAERAH UJUNG NEGORO-ROBAN TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2155Kb)

    Abstract

    2016. Dampak Implementasi Perubahan Keputusan Bupati Batang Tentang Penetapan Kawasan Konservasi Laut Daerah Ujung Negoro-Roban Terhadap Perekonomian Masyarakat. Program Studi Ilmu Hukum. Universitas Negeri Semarang. Dr. Rodiyah, S.Pd., S.H.,M.,Si Dan Saru Arifin, S.H,.LL.M., S.Pd. Kawasan Konservasi Laut Daerah Ujung Negoro-Roban Kabupaten Batang, Sangat Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi dan ekowisata bagi Masyarakat disekitar Kawasan. Terjadi perubahan-perubahan peraturan penetapan batas-batas kawasan KKLD yang dilakukan oleh Bupati Batang. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Keputusan Bupati Batang No. 523/306/2011 tentang perubahan keputusan Bupati Batang No. 523/283/2005 tentang Penetapan Kawasan Konservasi Laut Daerah Ujung Negoro-Roban Kabupaten Batang?, (2)Bagaimana dampak Implementasi Keputusan Bupati Batang No. 523/306/2011 tentang perubahan keputusan Bupati Batang No. 523/283/2005 tentang Penetapan Kawasan Konservasi Laut Daerah Ujung Negoro-Roban Kabupaten Batang terhadap Perekonomian masyarakat di sekitar Kawasan Konservasi Laut Daerah? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis. Dengan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data didapatkan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Batang, LBH Semarang, BLH Provinsi Jawa Tengah, dan Pemda Kabupaten Batang. Hasil dan Pembahasan dari penelitian ini adalah Implementasi Perubahan Keputusan Bupati Batang berubah 3 kali perubahan penetapan KKLD: (1) SK Bupati Batang No. 523/283/2005., (2) SK Bupati Batang No. 523/306/2011 yang menggeser batas-batas sebelumnya, dan yang., (3) SK Bupati Batang No. 523/194/2012 dan ditindaklanjuti oleh Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 29/Men/2012. Dampak Implementasi Dari Perubahan Keputusan Bupati Tentang Perubahan Penetapan KKLD tersebut Terhadap Perekonomian Masyarakat adalah Dengan Munculnya suatu Industri PLTU di kawasan KKLD sebelumnya, yang Berdampak Negatif Bagi ekosistem di Laut, Hasil tangkapan Nelayan tradisional dan muncul berbagai masalah Konflik. Simpulan dari penelitian ini adalah dampak Implementasi dari Perubahan Penetapan Kawasan Konservasi Laut Daerah Ujung Negoro-Roban Terhadap Masyarakat Berdampak Negatif bagi Ekositem Laut, Nelayan Tradisional, Buruh Tani dan Buruh Lainya. Penulis Menyarankan Pemda Kabupaten Batang dan PT Bhimasena harus bersama-sama bekerjasama dalam menyejahterakan Masyarakat tradisional yang menggantungkan hidupnya Bertani dan Nelayan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi, Keputusan Bupati, Kawasan Konservasi Laut Daerah, Perekonomian Masyarakat
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: khrisna pci perpustakaan
    Date Deposited: 14 Nov 2016 06:14
    Last Modified: 14 Nov 2016 06:14

    Actions (login required)

    View Item