PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Putriana Wulan Sari , 1401412339 (2016) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412339.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru merupakan suatu kondisi yang menunjukkan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya serta perilakunya dalam bekerja. Kinerja guru di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain supervisi akademik kepala sekolah dan iklim kerja. Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dan iklim kerja yang berbeda-beda pada masing-masing sekolah secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan besarnya pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru, serta pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru SD Negeri se-Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang yang berjumlah 108 guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakanrumus Taro Yamane dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 85 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk semua variabel yaitu supervisi akademik kepala sekolah, iklim kerja dan kinerja guru. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, uji koefisien regresi sederhana (uji t), analisis regresi ganda, analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel (5,520 > 1,989); (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukan dengan nilai thitung> ttabel (3,985 > 1,989); (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukan dengan nilai Fhitung >Ftabel (20,424 > 3,107); (4) besarnya sumbangan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah 26,9%; (5) besarnya sumbangan pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru adalah 16,1%; (6) besarnya sumbangan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru adalah 33,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklim Kerja; Kinerja Guru; Supervisi Akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2016 12:31
Last Modified: 19 Oct 2016 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24382

Actions (login required)

View Item View Item