PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP KELAS V SD NEGERI GUGUS SADEWA KECAMATAN KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN


Febryana Setyorini , 1401412321 (2016) PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP KELAS V SD NEGERI GUGUS SADEWA KECAMATAN KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412321.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perencanaan pembelajaran adalah membuat persiapan pembelajaran. Guru diharapkan dapat melakukan persiapan pembelajaran baik. Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di SD Negeri di Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran IPS di 4 SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen baik. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik ingin mengkaji perencanaan pembelajaran IPS berbasis KTSP pada kelas V SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan perencanaan pembelajaran IPS yang baik yang terdapat di kelas V SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen pada KD 2.4 yaitu menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ini dilaksanakan di 4 SD Gugus Sadewa Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, serta triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis sebelum lapangan, analisis selama di lapangan, dan analisis setelah selesai di lapangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, guru kelas V di SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen telah menyusun perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP Berdasarkan observasi komponen perencanaan pembelajaran IPS berbasis KTSP kelas V di SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen diperoleh hasil sebesar 63 sehingga memperoleh kriteria A (Sangat Efektif) yang berarti perencanaan pembelajaran yang telah disusun guru sudah sesuai dengan standar proses dan sudah dapat digunakan tanpa revisi. Guru menyusun perencanaan pembelajaran dengan terlebih dahulu menyusun silabus kemudian RPP. Beberapa kendala yang dialami guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran yaitu alokasi waktu IPS yang sedikit, sumber belajar IPS yang kurang memadai, faktor usia guru dan faktor waktu yang dimiliki guru. Secara umum perencanaan pembelajaran IPS berbasis KTSP yang telah disusun guru Kelas V SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen sudah baik dan sesuai dengan standar proses. Dengan demikian penelitian ini diharapkan guru dapat menyusun perencanaan pembelajaran dengan baik agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat berlangsung secara efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; KTSP; pembelajaran; perencanaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2016 12:31
Last Modified: 19 Oct 2016 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24377

Actions (login required)

View Item View Item