KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA
Shabrina Caesharah Aulia , 1401412319 (2016) KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KTSP KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan inti dari penyelenggaraan pendidikan yang di dalamnya terdapat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Salah satu faktor penentu keberhasilan suatu pembelajaran adalah kinerja guru. Dengan kinerja guru yang baik dalam proses pembelajaran, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil observasi yang telah dilakukan di SD Negeri Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran baik, yaitu guru telah menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan pembelajaran IPS, sumber belajar mata pelajaran IPS diambil dari berbagai sumber, serta guru telah mengembangkan keterampilan dasar mengajar. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengkaji kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS kelas V SD Negeri di Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga, khususnya pada KD 2.4 yaitu menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Subjek penelitian ini adalah lima belas guru kelas V SD Negeri di Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis sebelum di lapangan, analisis selama di lapangan (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan), serta analisis setelah di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS kelas V berbasis KTSP SD Negeri di Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga tergolong baik dengan persentase sebesar 78,67% yang termasuk dalam kriteria baik. Meskipun tergolong baik, guru mengalami sebagian kecil hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS, yaitu mengenai keterbatasan jam pelajaran IPS apabila dibandingkan dengan materi IPS yang cukup luas. Secara umum guru kelas V di SD Negeri Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga dalam pelaksanaan pembelajaran telah melaksanakan aspek-aspek yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses. Saran penelitian ini yaitu diharapkan guru dapat meningkatkan kinerjanya khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS; kinerja guru; KTSP; pelaksanaan pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 12:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 12:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24375 |
Actions (login required)
View Item |