IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KTSP PADA KELAS RENDAH DI SD NEGERI GUGUS JOKO TINGKIR KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA


Rivyana Intan Prabawati , 1401412317 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KTSP PADA KELAS RENDAH DI SD NEGERI GUGUS JOKO TINGKIR KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412317.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peraturan Menteri No. 22 tahun 2006 mengenai standar isi menyatakan pembelajaran pada kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, dengan demikian pelaksanaan pembelajaran pada kelas awal (kelas 1, 2, 3) MI/SD lebih tepat jika dikelola dengan pembelajaran terpadu/tematik. Pembelajaran tematik terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evalusi pembelajaran tematik. Hasil observasi yang telah dilakukan di SD Negeri Gugus Joko Tingkir Kecamatan Tingkir Kota Salatiga menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik sudah baik namun ada berbagai hal yang belum sesuai dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tematik. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengkaji implementasi pembelajaran tematik berbasis KTSP. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi dan hambatan pembelajaran tematik berbasis KTSP pada kelas rendah di SD Negeri Gugus Joko Tingkir Kecamatan Tingkir Kota Salatiga. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian 15 orang guru kelas I, II, dan III dari 5 SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan data sebelum di lapangan, analisis selama di lapangan (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan), dan analisis setelah di lapangan (analisis kuantitatif dan analisis kualitatif). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, guru kelas rendah di SD negeri Gugus Joko Tingkir Kecamatan Tingkir Kota Salatiga telah melaksanakan implementasi pembelajaran tematik yang terdiri atas aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tematik. Diperoleh hasil observasi implementasi pembelajaran tematik dengan persentase 58,62% atau cukup baik dengan kriteria C, artinya guru telah melaksanakan implementasi pembelajaran tematik namun belum dilaksanakan secara optimal. Hambatan yang dialami oleh guru secara garis besar yakni kesulitan dalam menggabungkan antar mata pelajaran baik dalam perencanaan pembelajaran ataupun dalam pelaksanaan pembelajaran. Secara umum guru kelas 1, 2, dan 3 di Gugus Joko Tingkir Kecamatan Tingkir Kota Salatiga belum sepenuhnya melaksanakan implementasi pembelajaran tematik berbasis KTSP sesuai dengan standar proses dan standar penilaian. Guru sebaiknya lebih memperhatikan aspek-aspek dalam implementasi pembelajaran tematik berbasis KTSP pembelajaran dapat berlangsung lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru; KTSP; Pembelajaran tematik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2016 12:30
Last Modified: 19 Oct 2016 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24374

Actions (login required)

View Item View Item