KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MATERI MENGANALISIS PELUANG USAHA PADA KELAS XI SMK PALEBON SEMARANG

Faiz Jelang Ramadhan , 7101409196 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MATERI MENGANALISIS PELUANG USAHA PADA KELAS XI SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MATERI MENGANALISIS PELUANG USAHA PADA KELAS XI SMK PALEBON SEMARANG)
Download (1963Kb)

    Abstract

    Hasil belajar merupakan factor penting dalam proses belajar mengajar, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pendidikan. Tingkat kecepatan belajar yang berbeda-beda menuntut guru lebih kreati dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa. Model pembelajaran kooperati tipe STAD merupakan model pembelajaran kooperatif paling sederhana dan model pembelajaran yang baik, karena siswa akan lebih aktif mencari inormasi mengenai pelajaran. CD pembelajaran merupakan salah satu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan dalam pemaparan materi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan CD pembelajaran efektif terhadap hasil belajar yang diraih siswa, apakah ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan pembelajaran menggunakan CD pembelajaran, apakah pembelajaran dengan STAD berbantuan CD pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tentang efektifitas penggunaan model STAD dengan bantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK Palebon Semarang. Variable dalam penelitian ini adalah hasil belajar, model STAD, dan CD pembelajaran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test , uji independent sample t-test, dan desain randomized control group pre-test post-test. Diketetahui aktivitas siswa dari aspek perhatian, kecepatan siswa dalam mempelajari materi, keaktifan, ketepatan waktu, dalam mengumpulkan tugas dan kemampuan mengutarakan pendapat pada setiap pertemuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan, akan tetapi aktifitas belajar kelas eksperimen lebih baik dari aktifitas kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar menggunakan model STAD berbantuan CD pembelajaran lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan model STAD berbantuan CD pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, CD Pembelajaran, Hasil Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 18 Oct 2016 16:00
    Last Modified: 18 Oct 2016 16:00

    Actions (login required)

    View Item