UJI KEMAMPUAN ANTI NYAMUK ALAMI ELEKTRIK MAT SERBUK BUNGA SUKUN (Artocarpus altilis) DI MASYARAKAT (Studi Kasus pada Penghuni Rumah Kos di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang)


Widya Dwi Qinahyu, 6411412102 (2016) UJI KEMAMPUAN ANTI NYAMUK ALAMI ELEKTRIK MAT SERBUK BUNGA SUKUN (Artocarpus altilis) DI MASYARAKAT (Studi Kasus pada Penghuni Rumah Kos di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UJI KEMAMPUAN ANTI NYAMUK ALAMI ELEKTRIK MAT SERBUK BUNGA SUKUN (Artocarpus altilis) DI MASYARAKAT (Studi Kasus pada Penghuni Rumah Kos di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang)]
Preview
PDF (UJI KEMAMPUAN ANTI NYAMUK ALAMI ELEKTRIK MAT SERBUK BUNGA SUKUN (Artocarpus altilis) DI MASYARAKAT (Studi Kasus pada Penghuni Rumah Kos di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes betina. Salah satu cara pengendalian DBD adalah dengan memutus rantai penularan menggunakan insektisida. Insektisida alami yang terbuat dari serbuk bunga sukun berpotensi untuk mengendalikan vektor. Insektisida yang berasal dari tumbuhan bersifat mudah terurai, sehingga tidak mencemari lingkungan dan relatif aman bagi manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan anti nyamuk alami elektrik mat serbuk bunga sukun (Artocarpus altilis) dalam menurunkan jumlah hinggap nyamuk dan penerimaan terhadap penggunaan, pembuatan, penerapan, dan ketersediaan bahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang penghuni kos yang ada di Kelurahan Sekaran Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi, kuesioner, termometer/higrometer, alat pemanas mat elektrik vaporizer. Analisis statistik menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan selisih pre-test dan post-test jumlah hinggap nyamuk pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p=0,0001 (p<0,05). Penerimaan responden dalam kategori kemudahan penggunaan sebanyak 93,3%, kemudahan pembuatan 63,3%, penerapan 100%, dan ketersediaan bahan 46,7%. Simpulan penelitian yaitu menggunakan anti nyamuk mat serbuk bunga sukun mampu menurunkan jumlah hinggap nyamuk di ruangan ≤ 4 m3. Saran yang diajukan adalah diharapkan masyarakat menggunakan anti nyamuk mat serbuk bunga sukun sebagai insektisida rumah tangga alternatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: DBD, insektisida, bunga sukun
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2016 19:53
Last Modified: 18 Oct 2016 19:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24365

Actions (login required)

View Item View Item