KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS DIPONEGORO SEMARANG


Giniung Luxcyana Hermawati, 1401412336 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS DIPONEGORO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS DIPONEGORO SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS DIPONEGORO SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran media dalam pembelajaran IPS dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media diharapkan dapat membantu mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Media ular tangga dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV pada materi koperasi. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan pemanfaatan keefektifan media ular tangga dalam pembelajaran IPS. media ular tangga diterapkan pada kelas eksperimen, media konvensional diterapkan pada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV di SDN Gugus Diponegoro Semarang. Sampel penelitian kelas ekperimen sebanyak 33 siswa dan kelas kontrol sebanyak 39 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan ratarata dan analisis data akhir. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test dan uji Gain, penghitungan diolah dengan program SPSS 20. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga lebih efektif dibandingkan media konvensional pada mata pelajaran IPS materi koperasi siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Semarang. Dari rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, kelas eksperimen sebesar 72,58 sedangkan kelas kontrol 62,18. Data hasil perhitungan menggunakan rumus independent sample t-test berbantuan SPSS 20 menunjukkan media ular tangga secara signifikaan lebih efektif dalam memaksimalkan hasil belajar siswa materi koperasi mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan uji hipotesis pihak kanan satu pihak 1-tailed dengan nilai t_hitung = 3,633 untuk df = 70, t_tabel = 1,658 maka t_hitung > t_tabel dengan nilai Sig 1-tailed < 0,05. Diperoleh hasil bahwa nilai Sig 2-tailed sebesar 0,001 kemudian dibagi 2 diproleh 0,0005 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, data hasil belajar posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol sehingga media ular tangga lebih efektif digunakan dalam pembelajaran IPS dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media konvensional. Keefektifan media ular tangga ditunjukkan pada hasi uji gain peningkatan nilai pretest dan posttetst. Kelas eksperimen pretest sebesar 56,36 dan nilai posttest setelah pembelajaran dengan media ular tangga mengalami peningkatan atau kenaikan sebesar 72,58 dengan hasil uji gain 0,37 kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol pretest sebesar 58,20 dan nilai posttest setelah pembelajaran menggunakan media konvensional menjadi 62,17 dengan hasil uji gain 0,09 kategori rendah. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media ular tangga secara efektif dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga diharapkan penggunaan media ular tangga dapat menjadi alternatif guru dalam pembelajaran IPS. Selain itu, penggunaan media ular tangga dapat menggali pemahaman materi bagi siswa dan diharapkan menjadi sumbangan wawasan bagi guru dan peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Media Ular Tangga, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 17:49
Last Modified: 18 Oct 2016 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24364

Actions (login required)

View Item View Item