ANALISIS KESALAHAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS KTSP PADA SISWA KELAS V SDN SE-KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS


KURNIA RATNA SAPUTRI , 1401412324 (2016) ANALISIS KESALAHAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS KTSP PADA SISWA KELAS V SDN SE-KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS KTSP PADA SISWA KELAS V SDN SE-KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS KTSP PADA SISWA KELAS V SDN SE-KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelajaran bahasa Jawa khususnya materi aksara jawa dinilai kurang diminati oleh siswa. Upaya pemerintah dengan memasukkan aksara Jawa dalam materi ajar pada mata pelajaran bahasa Jawa pun kurang disambut baik. Minat siswa dalam mempelajari aksara Jawa belum sepenuhnya terbangun. Mereka menganggap bahasa jawa sebagai pelajaran yang sulit dan pelajaran yang tidak mereka sukai, khususnya pada bab menulis Aksara Jawa. Mereka tidak bisa, tidak tertarik, dan merasa malas apabila diminta untuk belajar Aksara Jawa. Permasalahan yang dibahas padapenelitian ini yaitu : 1) Bagaimana kesalahan penulisan aksara jawa pada siswa kelas V SD Se-Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus ? 2)Apa saja penyebab kesalahan penulisan aksara jawa pada siswa kelas V SD Se-Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus ?. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan kesalahan menulis aksara jawa pada siswa kelas V 2) Menemukan faktor penyebab kesalahan menulis aksara jawa pada kelas V. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi SD se-Kec. Kaliwungu Kab.Kudus. Teknik penelitian yang digunakan yaitu: Tes, wawancara , dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan menulis aksara jawa yang dibuat oleh siswa masih banyak dan beragam bentuknya. Mulai dari kesalahan penulisan aksara carakan, pasangan dan sandhangan. Faktor penyebab kesalahan menulis aksara jawac pada siswa yaitu : siswa belum hafal huruf jawa, siswa belum bisa menerapkan kaidah penulisan huruf jawa, siswa kurang latihan menulis huruf jawa dan siswa kurang tertarik mempelajari huruf jawa Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa dalam mengerjakan soal dalam materi Aksara Jawa banyak terjadi kesalahan. Hampir seluruh siswa melakukan kesalahan dalam menulis aksara jawa. Disarankan guru hendaknya menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bahasa Jawa, khususnta pada materi menulis Aksara Jawa, agar siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan bervariatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aksara carakan, aksara jawa, pasangan, sandhangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 17:48
Last Modified: 18 Oct 2016 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24362

Actions (login required)

View Item View Item