ASESMEN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS GEMILANG KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG


Ulfa Rohmah , 1401412320 (2016) ASESMEN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS GEMILANG KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ASESMEN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS GEMILANG KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG]
Preview
PDF (ASESMEN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS GEMILANG KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Standar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. Asesmen pembelajaran merupakan kegiatan sistematik untuk memperoleh informasi perkembangan siswa. Asesmen yang dilakukan oleh guru belum dilakukan secara menyeluruh terhadap semua domain hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan serta hambatan asesmen terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Gugus Gemilang Kecamatan Gemawang?; Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan serta hambatan asesmen pembelajaran pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor di SD Gugus Gemilang Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V di SD Gugus Gemilang Kecamatan Gemawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data observasi dianalisis dengan membandingkan perolehan skor guru dengan kriteria ketuntasan skor dan data kualitatif dianalisis menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan asesmen terhadap aspek kognitif termasuk dalam kategori sangat kompeten dengan skor rata-rata 23 atau 88%; 2) pelaksanaan asesmen terhadap aspek afektif termasuk dalam kategori kompeten dengan perolehan skor 9 atau 68%; 3) pelaksanaan asesmen terhadap aspek psikomotor termasuk dalam kategori kurang kompeten dengan perolehan skor 4 atau 33%; 4) hambatan dalam pelaksanaan sesmen IPS yaitu kurangnya alokasi waktu, kurangnya kemampuan siswa serta kriteria penilaian yang belum jelas. Saran untuk temuan ini yaitu hendaknya guru melaksanakan asesmen dengan baik, hendaknya sekolah memberikan pelatihan dan dinas pendidikan hendaknya menambah alokasi waktu pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen; IPS; Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 17:48
Last Modified: 18 Oct 2016 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24360

Actions (login required)

View Item View Item