Pengaruh latihan multiple box to box jumps dan hurdle hops terhadap hasil tendangan jauh pada pemain U-14 tahun di SSB Tunas Muda Ngroto tahun 2015


Rocky Adhitya Rachman , 6301411230 (2016) Pengaruh latihan multiple box to box jumps dan hurdle hops terhadap hasil tendangan jauh pada pemain U-14 tahun di SSB Tunas Muda Ngroto tahun 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh latihan multiple box to box jumps dan hurdle hops terhadap hasil tendangan jauh pada pemain U-14 tahun di SSB Tunas Muda Ngroto tahun 2015]
Preview
PDF (Pengaruh latihan multiple box to box jumps dan hurdle hops terhadap hasil tendangan jauh pada pemain U-14 tahun di SSB Tunas Muda Ngroto tahun 2015)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemain SSB Tunas Muda kurang menguasai tendangan jauh. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh yang berarti manakah yang lebih efektif antara multiple box to box jumps dengan hurdle hops terhadap tendangan jauh pada pemain U-14 tahun di SSB Tunas Muda Ngroto tahun 2015. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan multiple box to box jumps dan hurdle hops terhadap hasil tendangan jauh. Metode penelitian dengan experimen pola M-S. Data diambil melalui pretest dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemain U-14 tahun di SSB Tunas Muda Ngroto tahun 2015 yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sejumlah 16 pemain, kemudian dilakukan tes awal tendangan jauh, hasil dari tes awal tersebut dirangking (dipasangkan) dengan menggunakan pola A-B-B-A dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen I dan eksperimen II. Selanjutnya untuk menganalisa data menggunakan pola M-S ( Matching Subject Designs) dengan analisis statistic t-test. Hasil penelitian menggunakan rumus t-test diperoleh hasil nilai latihan multiple box to box jumps dan hurdle hops terhadap tendangan jauh. Mean kelompok eksperimen I adalah 28.88 sedangkan mean kelompok eksperimen II adalah 28.38. Sehingga latihan multiple box to box jumps lebih baik dibandingkan latihan hurdle hops. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa latihan multiple box to box jumps lebih baik dari pada latihan hurdle hops terhadap tendangan jauh pada pemain U-14 tahun SSB Tunas Muda Ngroto tahun 2015. Untuk itu disarankan pelatih untuk memberikan latihan multiple box to box jumps untuk meningkatkan hasil tendangan jauh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multiple box to box jumps, hurdle hops, hasil tendangan jauh
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2016 17:13
Last Modified: 18 Oct 2016 19:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24359

Actions (login required)

View Item View Item