PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


RIA AYU SEPTIANA , 1401412316 (2016) PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kondisi dilapangan dalam pemenuhan standar minimal sarana prasarana di sekolah sangat baik namun untuk pemenuhan prasarana berupa laboratorium belum terpenuhi. Dalam proses pembelajaran IPS terdapat guru yang memanfaatkan sarana prasarana dengan baik dan sebagian memanfaatkan sarana prasarana dengan cukup. sebagian besar guru belum mampu memanfaatkan media berbasis teknologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemenuhan standar sarana ruang kelas V, bagaimanakah pemanfaatan sarana prasarana dalam proses pembelajaran IPS oleh guru kelas V, faktor apa sajakah yang menghambat guru dalam pemanfaatan sarana prasarana dalam proses pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemenuhan standar sarana ruang kelas V, pemanfaatan sarana prasarana dalam proses pembelajaran IPS oleh guru kelas V, keunggulan dan faktor yang menghambat guru dalam pemanfaatan sarana prasarana dalam proses pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian dilaksanakan secara berulang-ulang dengan observasi pada setiap guru kelas V pada masing-masing sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis sebelum lapangan, analisis selama di lapangan (reduksi data, penyajian data, verifikasi), analisis setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 ) pemenuhan standar sarana ruang kelas V sebesar 83,65% dengan kriteria sangat baik; (2) pemanfaatan sarana prasarana dalam proses pembelajaran IPS sebesar 52,08% dengan kriteria baik; (3) keunggulan guru mampu memanfaatkan ruang kelas dengan maksimal, mengikuti prosedur pemakaian sarana prasarana pendidikan dengan hemat dan hati-hati. Hambatan meliputi penempatan sarana pendidikan yang tidak beraturan, tidak tersedianya laboratorium IPS, tidak ada petugas khusus yang mengatur sarana prasarana pendidikan, keterbatasan dana, dan sebagian besar guru belum mahir dalam penggunaan media berbasis teknologi. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar sarana prasarana yang dimiliki sekolah sudah baik, dan pemanfaatannya dalam proses pembelajaran IPS baik namun masih ada beberapa hambatan. Saran bagi guru adalah sebaiknya pemanfaatan sarana pembelajaran yang ada di lingkungan sendiri dan mengoptimalkan sarana pendidikan yang sudah disediakan sekolah secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, Pemanfaatan Sarana Prasarana, Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 17:49
Last Modified: 18 Oct 2016 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24355

Actions (login required)

View Item View Item