PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD GUGUS GATOTKACA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG


WULAN RIZKI AMALIA SP., 1401412314 (2016) PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD GUGUS GATOTKACA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412314.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

PAKEM adalah pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, dengan penekanan pada belajar sambil bekerja. Berdasarkan observasi awal peneliti, sebagian besar guru kelas IV di SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, telah mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran berbasis PAKEM dan apa sajakah keunggulan serta kendala yang dialami guru dalam pembelajaran berbasis PAKEM pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis PAKEM, keunggulan, serta kendala yang terjadi dalam pembelajaran berbasis PAKEM pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan sampel 6 guru dan 173 siswa kelas IV di 6 SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Data dianalisis pada saat sebelum di lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian ini adalah keseluruhan SD yang diteliti, dalam melaksanakan pembelajaran berbasis PAKEM memperoleh kriteria baik. SDN Kembangarum 02, SDN Kembangarum 03, dan SD Bunda Hati Kudus memperoleh 75,00% dengan kriteria baik. SDN Krapyak memperoleh 71,87%, dengan kriteria baik. SD Darussalam 65,62%, dengan kriteria baik dan SDN Tambakharjo memperoleh 53,12% dengan kriteria baik. Adapun kendala yang dialami guru dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis PAKEM diantaranya berkaitan dengan adanya siswa pasif dan malu, keterbatasan waktu, biaya, serta sarana prasarana yang terbatas. Sedangkan keunggulan menerapkan PAKEM yaitu siswa menjadi antusias mengikuti pembelajaran, tidak merasa bosan saat pembelajaran, dan lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran berbasis PAKEM pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang sudah baik, tetapi masih ada beberapa kendala dan ada pula keunggulan dalam PAKEM. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya meningkatkan kualitas pembelajaran yang berbasis PAKEM, sehingga kualitas pembelajarannya lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berbasis PAKEM; IPS; pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 17:49
Last Modified: 18 Oct 2016 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24354

Actions (login required)

View Item View Item