EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 5 MAGELANG

Agus Misbahudin , 3301411035 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 5 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (24Mb)
    [img]
    Preview
    PDF (EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 5 MAGELANG)
    Download (24Mb)

      Abstract

      dalam dunia pendidikan. Sebagai seorang guru haruslah mempunyai kompetensi yang cukup memadai dalam hal menemukan gagasan-gagasan baru (inovasi dalam pembelajaran). Mayoritas guru-guru saat ini, khususnya guru PKn, masih menggunakan konsep pembelajaran konvensional. Apabila tidak ada inovasi dan kreasi dari guru akan berdampak pada siswa. Siswa akan merasa bosan pada pelajaran PKn sehingga hasil belajarnya menjadi rendah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya rasa ketidakpuasan terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Magelang yang dapat dikatakan masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu ≥75. Selain itu, dari studi pendahuluan selama PPL 1 (observasi dan orientasi) guru-guru PKn di SMP Negeri 5 Magelang lebih sering menggunakan pembelajaran konvensional (direct instruction). Hal tersebut dapat menjadikan siswa cepat bosan dan hanya berperan sebagai pendengar yang pasif. Oleh karena itu maka perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang selaras dengan pendidikan masa kini. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan adalah melalui penerapan strategi peer lessons berbasis pendekatan saintifik. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan permasalahan yang diambil adalah: 1) bagaimana penerapan strategi peer lessons berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran PKn di SMP Negeri 5 Magelang, 2) apakah penerapan startegi peer lessons berbasis pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di SMP Negeri 5 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan menggunakan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol). Cara pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis Instrumen tes menggunakan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis penelitian eksperimen meliputi analisis data awal yang diperoleh dari pre test, kemudian analisis data akhir menggunakan uji independent sample t test (uji t) dengan data yang di uji rata-rata hasil belajar post test kelas eksperiman dan kelas kontrol. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menujukkan bahwa langkahlangkah strategi peer lessons berbasis pendekatan saintifik adalah 1) pada tahap mengamati, di dalam strategi peer lessons peserta didik dibagi menjadi kelompokkelompok kecil sesuai dengan segmen materi. Peserta didik mengamati objek yang akan dipelajari, 2) pada tahap menanya, di dalam strategi peer lessons peserta didik dalam kelompok dibimbing oleh guru untuk dapat mengajukan pertanyaan. Melalui kegiatan menanya dikembangkan rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi yang sedang mereka pelajari, 3) pada tahap mengumpulkan informasi, di dalam strategi peer lessons peserta didik dalam kelompok mengumpulkan informasi dengan membaca sumber lain selain buku teks. Guru menyarankan kepada peserta didik untuk menyiapkan media presentasi materi yang dibuat berdasarkan kreasi peserta didik dalam kelompok, 4) pada tahap mengasosiasi, di dalam strategi peer lessons peserta didik menemukan keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya sambil mereka berdiskusi menyelesaikan tugas media presentasi materi, 5) pada tahap mengomunikasikan, di dalam strategi peer lessons peserta didik dalam kelompok mengomunikasikan atau mempresentasikan materi di depan kelas dengan dibantu media presentasinya masing-masing. Dari penilaian pengamatan pembelajaran kelas eksperimen mendapat persentase total keseluruhan sebesar 86.50% yang termasuk ke dalam kriteria sangat baik Hasil uji t tersebut diperoleh bahwa nilai post test dari masingmasing kelas menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan (thitung > ttabel = 4.893 > 2.002). Nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 85.33. Artinya pada kelas eksperimen mengalami kenaikan atau peningkatan hasil belajar. Pada kelas eksperimen memiliki nilai pre test 61.67 menjadi 85.33, mengalami kenaikan sebesar 23.66, sehingga strategi peer lessons berbasis pendekatan saintifik memberikan pengaruh 20.18%, dan nilai rata-rata 85.33 melebihi KKM yang ditetapkan ≥ 75. Simpulan yang dipeoleh dari penelitian ini adalah penerapan strategi peer lessons berbasis pendekatan saintifik efektif, indikatornya adalah melibatkan aktivitas siswa, menarik minat dan perhatian siswa, membangkitkan motivasi siswa, dan peragaan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada kompetensi dasar 4.1 menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat di kelas eksperimen (VII A) SMP Negeri 5 Magelang. Berdasarkan simpulan tersebut, saran yang peneliti ajukan yaitu 1) pada awal kegiatan pembelajaran, guru perlu menjelaskan pengertian dan langkah-langkah strategi peer lessons berbasis pendekatan saintifik secara jelas serta memotivasi siswa dengan mengajaknya untuk belajar aktif dalam menemukan dan mengolah informasi berdasarkan pengalaman mereka sendiri dalam pelajaran, 2) dalam hal pelaksanaan strategi peer lessons berbasis pendekatan saintifik guru perlu mengawasi dan mengarahkan siswa agar tidak terjadi kesalahan konsep pada siswa dalam menyampaikan materi.

      Item Type: Thesis (Under Graduates)
      Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Peer Lessons Berbasis Pendekatan Saintifik,Hasil Belajar
      Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
      Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
      Depositing User: handoyo eko perpus
      Date Deposited: 18 Oct 2016 13:00
      Last Modified: 18 Oct 2016 13:00

      Actions (login required)

      View Item