PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD GUGUS GATOTKACA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG


GESIT RAHMADHANI WAHYUNI PUTRI , 1401412313 (2016) PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD GUGUS GATOTKACA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD GUGUS GATOTKACA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD GUGUS GATOTKACA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan kunci utama dalam proses belajar mengajar. Peranan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran menempati posisi yang secara langsung sangat menentukan keberhasilan, mengingat guru sebagai figur yang secara langsung terlibat dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peran guru dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. (2) Apasajakah faktor penghambat peran guru dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran guru dalam proses pembelajaran IPSdan faktor penghambat peran guru dalam proses pembelajaran IPS. Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang dengan 6 guru dan 172 siswa kelas IV. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Menggunakan teknik analisis data sebelum dilapangan, selama dilapangan, dan analisis setelah dilapangan. Hasil penelitian tentang peran guru dalam proses pembelajaran IPS di 6 SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang yaitu SDN Kembangarum 02 memperoleh persentase 90,74%, SDN Kembangarum 03 memperoleh persentase 79,63%, SDN Krapyak memperoleh persentase 81,48%, SDN Tambakharjo memperoleh persentase 75%, SD Darussalam memperoleh persentase 74,07%, dan SD Bunda Hati Kudus memperoleh persentase 86,11%. Adapun hambatan yang dialami guru dalam menjalankan perannya adalah masih minimnya pengalaman latihan professional guru dan masa kerja mengajar guru yang belum terlalu lama, rendahnya motivasi belajar siswa, gaya belajar siswa yang berbeda-beda, masih minimnya media pembelajaran, serta sarana prasarana sekolah yang masih minim. Simpulan dari penelitian ini adalah peran guru dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang sudah baik, tetapi kurang optimal karena masih ada hambatan.Guru hendaknya dalam proses pembelajaran IPS menggunakan metode yang lebih bervariatif, mengajak siswa belajar memanfaatkan lingkungan sekitar dan memberikan evaluasi setiap akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran guru; proses pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 16:52
Last Modified: 18 Oct 2016 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24350

Actions (login required)

View Item View Item