KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POHON PINTAR PPKN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK N 2 MAGELANG
Nodi Herhana , 3301411030 (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POHON PINTAR PPKN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK N 2 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POHON PINTAR PPKN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK N 2 MAGELANG)
Download (9MB) | Preview |
Abstract
Guru adalah aktor utama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mempermudah penyampaian materi kepada siswa, guru memerlukan adanya media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat atau sarana yang dapat mempermudah penyampaian pesan dari suatu sumber belajar kepada siswa. Salah satu media pembelajaran PPKn yang patut untuk diterapkan oleh guru-guru PPKn adalah media Pohon Pintar PPKn. Media Pohon Pintar PPKn merupakan visualisasi tiga dimensi dari materi pelajaran PPKn yang dituangkan dalam bentuk pohon, dimana daun-daunnya adalah simbol-simbol dari kata kunci yang digantungkan.Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif Pohon Pintar PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK N 2 Magelang, 2) untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran interaktif Pohon Pintar PPKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK N 2 Magelang, 3) untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan media pembelajaran interaktif Pohon Pintar PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK N 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Metode kuantitatif menggunakan desain penelitian eksperimen untuk menjawab rumusan masalah nomor 2. Sampelnya 36 siswa kelas X AP 1 sebagai kelas kontrol, 36 siswa kelas X AP 2 sebagai kelas eksperimen, 36 siswa kelas XII AK 2 sebagai kelas uji coba. Alat pengumpul data menggunakan teknik tes kognitif. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah media Pohon Pintar PPKn sedangkan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes dua sampel. Metode kualitatif digunakan untuk menjawab rumusan masalah nomor 1 dan 3. Lokasi penelitian di SMK N 2 Magelang. Informan dalam penelitian ini adalah satu orang guru PPKn dan enam orang siswa kelas eksperimen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik dari Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa media Pohon Pintar PPKn efektif digunakan, hal tersebut didasarkan pada tercapainya indikator-indikator pembelajaran yang efektif. Indikator-indikator tersebut adalah: a) pengorganisasian pembelajaran dengan baik, b) komunikasi secara efektif, c) penguasaan dan antusiasme dalam mata pelajaran, d) sikap positif terhadap peserta didik, e) pemberian ujian dan nilai yang adil, f) keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, dan g) hasil belajar peserta didik yang baik. Media Pohon Pintar PPKn mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat dari hasil uji t-test yaitu t hitung tidak berada pada interval -1,9966 < -13,510 < 1,9966 sehingga menolak Ho dan menerima Ha yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan. Rata-rata Postes 86,57 jauh lebih tinggi dari rata-rata Prates 66,48 maka dapat disimpulkan media Pohon Pintar PPKn mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain meningkatkan prestasi belajar juga meningkatkan kreatifitas, keaktifan, dan kerja sama antar siswa. Kelebihan media Pohon Pintar PPKn adalah: 1) meningktkan prestasi belajar siswa, 2) menumbuhkan kreatifitas siswa, 3) menyenangkan, 4) mudah dipahami, dan 5) meningkatkan keaktifan, kerja sama dan keberanian siswa. Kelemahannya yaitu: 1) siswa kesulitan menemukan kata kunci yang sesuai dengan materi, 2) siswa kesulitan membuat simbol yang cocok dengan kata kunci, dan 3) alur penempatan kata kunci dan simbol kurang sistematis. Simpulan dalam penelitian ini adalah: penggunaan media pembelajaran Pohon Pintar PPKn efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penggunaan media Pohon Pintar PPKn terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK N 2 Magelang. Kelebihan media Pohon Pintar PPKn adalah: 1) meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) menumbuhkan kreatifitas siswa, 3) menyenangkan, 4) mudah dipahami, dan 5) meningkatkan keaktifan, kerja sama dan keberanian siswa. Kelemahannya yaitu: 1) siswa kesulitan menemukan kata kunci yang sesuai dengan materi, 2) siswa kesulitan membuat simbol yang cocok dengan kata kunci, dan 3) alur penempatan kata kunci dan simbol kurang sistematis. Saran dalam penelitian ini adalah: Bagi sekolah, hendaknya menjaga media Pohon Pintar PPKn yang telah dibuat agar tidak dirusak dengan menyediakan laboratorium khusus PPKn. Bagi guru, hendaknya terus memberikan arahan kepada siswa agar kesulitan-kesulitan dalam pembuatan kata kunci dan simbol pada media Pohon Pintat PPKn dapat diatasi. Bagi Dinas Pendidikan Kota Magelang, hendaknya mempublikasikan media Pohon Pintar PPKn agar bisa diterapkan oleh guru PPKn di sekolah-sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Media Pembelajaran, Pohon Pintar Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 16:32 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 16:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24347 |
Actions (login required)
View Item |