ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SD NEGERI DABIN 1 KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016

Indrawati Dwi Muhwanti , 1401412298 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SD NEGERI DABIN 1 KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3479Kb)

    Abstract

    Berdasarkan wawancara dengan penyusun soal UAS gasal mata pelajaran PKn, diperoleh informasi bahwa soal UAS tersebut, telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal secara logis rasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana kualitas butir soal pilihan ganda dan pelaksanaan UAS gasal mata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri Dabin 1?”. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda dan pelaksanaan tes UAS gasal mata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri Dabin 1 Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 156 eksemplar. Sumber data dalam penelitian yaitu penyusun soal, guru kelas VI SD Negeri Dabin 1, Kepala UPK Sumpiuh, dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis butir soal pilihan ganda menggunakan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory, dan pencocokkan jenjang ranah kognitif. Analisis kuantitatif menggunakan bantuan program Anates V4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, soal pilihan ganda yang dianalisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi. Ditinjau dari distribusi jenjang ranah kognitifnya, terdapat 21 (60%) soal berkategori mengingat, 12 (34%) soal berkategori memahami, dan 2 (6%) soal berkategori menerapkan. Ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 9 (26%) soal berkategori sangat signifikan, 13 (37%) soal berkategori signifikan, dan 13 (37%) soal berkategori tidak signifikan. Ditinjau dari aspek reliabilitas, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,77 dengan kriteria cukup reliabel. Ditinjau dari aspek tingkat kesukaran, terdapat 12 (34%) soal berkategori sangat mudah, 12 (34%) soal berkategori mudah, 7 (20%) soal berkategori sedang, 3 (9%) soal berkategori sukar, dan 1 (3%) soal berkategori sangat sukar. Dilihat dari aspek daya pembeda, terdapat 2 (6%) soal berkategori baik sekali, 9 (25%) soal berkategori baik, 15 (43%) soal berkategori cukup, 8 (23%) soal berkategori jelek, dan 1 (3%) soal berkategori jelek sekali. Dilihat dari aspek efektivitas pengecohnya, terdapat 16 (46%) soal berkategori efektif, dan 19 (54%) soal berkategori tidak efektif. Pelaksanaan tes tergolong cukup baik, karena faktor suasana lingkungan yang kurang tenang dan posisi duduk yang berdekatan. Berdasarkan penelitian tersebut, penyusunan soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal, khususnya analisis logis rasional, yang meliputi validitas isi dan tingkat kesukarannya, sehingga soal yang disusun dapat berkualitas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Mata Pelajaran PKn Kelas VI, Pilihan Ganda.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 18 Oct 2016 11:55
    Last Modified: 18 Oct 2016 11:55

    Actions (login required)

    View Item