PENGARUH DISIPLIN SISWATERHADAP HASIL BELAJAR PKnKELAS 4 SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG


Yosi Puspa Dewi, 1401412277 (2016) PENGARUH DISIPLIN SISWATERHADAP HASIL BELAJAR PKnKELAS 4 SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412277.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan suatu sikap atau perilaku yang menunjukkan nilainilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban terhadap peraturan yang ditetapkan.Disiplin siswa berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini adalah penelitian jenis korelasional dengan jumlah sampel 42 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpul data berupa kuesioner test soal dan dokumentasi, analisis data dengan teknik regresi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Disiplin siswa pada penelitian ini diketahui bahwa 30 siswa (71,4%) dalam kategori tinggi. 2) Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada penelitian ini diketahui bahwa 31 siswa (73,8%) dalam kategori tinggi. 3) Ada pengaruh signifikan dan positif antara disiplin siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 4 SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Siswa, disiplin, pendidikan kewarganegaraan, hasil.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 16:03
Last Modified: 18 Oct 2016 16:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24342

Actions (login required)

View Item View Item