HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG


Aliffiandini Nurma Saputri , 1401412296 (2016) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412296.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsep diri merupakan suatu keadaan dimana seseorang memiliki sikap yang positif terhadap diri sendiri, mengakui dan menerima berbagai aspek diri termasuk kualitas baik dan buruk yang ada pada diri dan memandang positif terhadap kehidupan yang telah dijalani. Orang yang memiliki konsep diri yang baik akan mengembangkan sikap positif terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan yang dihadapinya. Siswa yang memiliki konsep diri yang baik menyadari bahwa keberhasilan yang diperoleh merupakan hasil kerja keras dan usaha yang dilakukan, oleh karena itu siswa akan belajar jika ingin memiliki hasil belajar yang baik. Terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dan hasil belajar IPS siswa, karena baik konsep diri maupun ilmu sosial terbentuk dari lingkungan sekitar dan akan dikembalikan kembali pada lingkungan. Semakin baik konsep diri yang dimiliki siswa maka semakin baik pula nilai hasil belajar IPS yang diperoleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu “Adakah hubungan konsep diri siswa dengan hasil belajar IPS kelas V di SDN Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang?”. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS kelas V di SDN Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitan ini yaitu siswa kelas V SDN di Gugus Sultan Agung Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang yang berjumlah 186 dengan sampel 75 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi dan koefisien determinasi. Hasil perhitungan analisis data, diperoleh hasil rhitung = 0,314 dengan signifikansi 0,05 dan rtabel = 0,227. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,314>0,227) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsep diri memiliki hubungan dengan hasil belajar IPS siswa kelas V. Besarnya hubungan konsep diri terhadap hasil belajar IPS sebesar 10%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar IPS yang tergolong rendah. Saran untuk guru, guru harus mengembangkan upaya belajar dan membantu siswa memahami dan menerima dirinya sendiri. Untuk sekolah diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru untuk meningkatkan mutu poendidikan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, hasil belajar, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 15:55
Last Modified: 18 Oct 2016 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24340

Actions (login required)

View Item View Item