HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJARIPS PADA SISWA KELAS V SDNDIGUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SEMARANG

Eliyana Koyimah , 1401412295 (2016) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJARIPS PADA SISWA KELAS V SDNDIGUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1902Kb)

    Abstract

    Pembelajaran IPS tidak hanya mengajarkan teori namun juga praktek yang dapat berguna bagi masa depan anak. Bidang kajian mata pelajaran IPS yang luas memerlukan konsentrasi dan perhatian khusus untuk memahami materi yang diajarkan. Orang tua siswa mempunyai kesibukan yang berbeda-beda sehingga perhatian yang diterima setiap anak juga berbeda. Kesibukan orang tua terkadang menjadikan anak kurang mendapatkan perhatian khusus untuk menunjang proses pembelajaran anak sehingga prestasi anak kurang maksimal.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: adakah hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN di Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN di Gugus Ki Hajar Dewantara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 149. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel penelitian. Sampel yang diambil sebanyak 89 siswa. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Teknik pengujian Hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment.Sebelum dilakukan uji analisis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0,72> r tabel 0,213 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dengan ingkat hubungan kuat. Koefisieni (r2) sebesar 56,6%, hal ini menunjukan perhatian orang tua berpengaruh 56,6% pada hasil belajar siswa sedangkan 43,3% dipengaruhi faktor-faktor lain seperti gaya belajar, motivasi belajar, kesulitan belajar, dan lainlain. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian oang tua dengan hasil belajar IPS. Saran bagi siswa, agarterus belajar untuk mencapai hasil belajar yang maskimal. Bagi guru, hendaknya lebih meingkatkan hubungan dengan orang tua siswa untuk mengetahui keadaan anak. Bagi orang tua, hendaknya dapat meningkatkan perhatiannya terhadap kegiatan belajar anak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 18 Oct 2016 11:55
    Last Modified: 18 Oct 2016 11:55

    Actions (login required)

    View Item